Tech

Elon Musk Sebut Kesepakatan Twitter Ditangguhkan Sementara

Jingga Irawan

Posted on May 13th 2022

Elon Musk mengatakan, pada Jumat (13/5), pembeliannya terhadap media sosial Twitter senilai USD 44 miliar ditangguhkan sementara. Dilansir AP News, penundaan itu sambil menunggu rincian jumlah spam dan akun palsu yang ada di media sosial. Perubahan ini menyusul kabar gejolak internal atas akuisisi yang diusulkan.

Dalam sebuah tweet, miliarder Tesla menyertakan berita Reuters tanggal 2 Mei. Itu mengutip pengajuan keuangan dari pihak Twitter memperkirakan bahwa akun palsu atau spam di platform-nya berjumlah kurang dari 5 persen "pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi" perusahaan pada awal tahun ini.

“Kesepakatan Twitter untuk sementara ditangguhkan, menunggu detail yang mendukung perhitungan bahwa akun spam/palsu memang jumlahnya kurang dari 5 persen pengguna,” kata Musk, menunjukkan bahwa dia ragu-ragu kalau total akun palsu jumlahnya serendah itu.

Belum jelas apakah masalah tersebut dapat menggagalkan kesepakatan. Saham di Twitter dan Tesla bergerak ke arah yang berlawanan, dengan saham Twitter anjlok 18 persen, sementara saham Tesla, yang tampaknya membantu mendanai kesepakatan Twitter, justru melonjak 5 persen.

Investor masih haru mempertimbangkan masalah hukum yang kemungkinan bisa menjerat Musk, serta kemungkinan bahwa mengakuisisi Twitter dapat menjadi masalah baru dalam menjalankan pembuatan mobil paling berharga di dunia.

Tweet Musk muncul sehari setelah perusahaan media sosial memberhentikan dua petinggi perusahaan. Twitter mengatakan perusahaan menghentikan sebagian besar perekrutan, kecuali untuk peran penting, dan menarik kembali biaya non-tenaga kerja untuk memastikan perusahaan lebih bertanggung jawab dan efisien.

Dalam memo yang dikirim ke karyawan dan dikonfirmasi oleh Twitter, CEO Parag Agrawal mengatakan perusahaan belum mencapai tonggak pertumbuhan dan pendapatan setelah perusahaan mulai berinvestasi secara agresif untuk memperluas basis pengguna dan pendapatannya.(*)

Foto: AFP

Related Articles
Tech
Elon Musk Ingin Bikin Platform Media Sosial

Tech
Twitter Sepakat Menjual Perusahaan ke Elon Musk Rp 635 Triliun

Tech
Beli 9,2 Persen, Elon Musk Jadi Pemegang Saham Terbesar di Twitter