Entertainment

‘Our Father’: Di mana Donald Cline Sekarang?

Artikel ini mengandung SPOILER!

Jingga Irawan

Posted on May 13th 2022

Film dokumenter terbaru dari Netflix, Our Father, sedang booming di jagat media sosial. Film itu mengungkap kasus mengerikan yang dilakukan oleh Dr. Donald Cline. Ia merupakan dokter kesuburan yang diam-diam menjadi ayah dari lusinan anak pasiennya selama bertahun-tahun dan baru ketahuan beberapa dekade kemudian, Ha? Kok Bisa?

SPOILER ALERT!!!

Selama beberapa tahun, Dr. Cline melakukan eksperimen inseminasi dengan spermanya sendiri terhadap pasien-pasien wanitanya. Sampai akhirnya, salah satu anaknya, Jacoba Ballard, mengetahui fakta kalau Dr. Cline itu ternyata ayah kandungnya.

Our Father menjadi semakin viral ketika dokumenter itu mengungkap perihal turunan dan kemungkinan inses di antara anak-anaknya. Jacoba melakukan tes DNA dan menemukan tujuh kecocokan. Ia akan terus mencari hampir seratus saudara tiri lainnya, semuanya terkait dengan Cline.

Sementara itu, Cline yang pernah menjadi anggota komunitas lokal yang dihormati, kini menjadi pusat penyelidikan besar-besaran yang dipimpin oleh Jacoba. Tetapi seperti yang dijelaskan oleh film dokumenter itu, sulit untuk menuntut dirinya ke pengadilan.

Meskipun tindakan hukum terhadap Cline tak membawa Jacoba ke akhir yang dia inginkan, dia nggak menyerah dalam waktu dekat. Jadi, di mana Cline hari ini? Yuk coba MainMain uraikan:

Cline membuka klinik kesuburannya pada tahun 1979.

Indianapolis Monthly melaporkan, setelah lulus dari sekolah kedokteran Universitas Indiana dan bertugas di Angkatan Udara Amerika Serikat, klinik kesuburan Cline dibuka pada tahun 1979. Dia menetap di Indiana bersama istrinya Audrey dan putra-putra mereka, Donna dan Doug.

Pada awalnya, Cline membantah semua tuduhan terhadapnya. “Kami menggunakan sampel segar yang dikumpulkan kira-kira satu jam sebelum inseminasi,” tulisnya kepada salah satu saudara tiri Jacoba.

“Saya mencocokkan golongan darah pendonor dengan suami pasien saya dan juga karakteristik fisiknya secara umum. Saya hampir selalu menggunakan dokter residen. Juga, riwayat keluarga mereka sepenuhnya negatif untuk penyakit keluarga apa pun. Bertahun-tahun kemudian, saya tak mengingat hal lain.”

Kenapa Cline Menggunakan Spermanya?

Ini adalah salah satu pertanyaan paling membingungkan dalam film dokumenter. Begitu rahasia itu mulai terungkap, Cline memohon kepada anak-anaknya untuk merahasiakan cerita itu, karena akan merusak posisinya di gereja dan komunitasnya.

Dicatat bahwa kliniknya dipenuhi dengan karya seni dan dekorasi Kristen yang sangat tersirat dalam film dokumenter itu bahwa ia memiliki semacam alasan religius untuk menciptakan banyak anak pirang bermata biru. Tapi tak ada yang benar-benar tahu.

Ketika Cline mengaku menggunakan spermanya sendiri, yang dia klaim dia lakukan “dengan hemat,” dia bersikeras bahwa semua bayi itu sehat. Namun, sebagian besar anak yang diwawancarai dalam film tersebut mengatakan sebenarnya mereka memiliki masalah kesehatan yang mirip, termasuk pembekuan darah dan penyakit autoimun.

Jacoba Memulai Penyelidikannya pada 2014

Setelah menemukan tujuh saudara tirinya di situs web 23andMe, Jacoba memutuskan untuk mengajukan laporan ke kantor Kejaksaan Agung Indiana. Jacoba dan salah satu saudara tirinya yang baru ditemukan menjalani wawancara dan berbicara dengan dewan juri.

Kantor kemudian mengirim dua surat kepada Cline pada 2015 yang memberi tahu dia bahwa dirinya sedang diselidiki. “Saya dengan tegas dapat mengatakan bahwa saya tak pernah menggunakan sampel saya sendiri untuk inseminasi,” jawabnya.

Setelah itu, reporter Fox 59 Angela Ganote memecahkan cerita Cline dan mengirimkan kasusnya ke kantor kejaksaan Marion County. Tetapi pada saat itu, penipuan kesuburan bukanlah kejahatan di bawah undang-undang federal atau negara bagian AS.

Pada 2017, Cline Dihukum Karena Menghalangi Penyelidikan

Sebagai catatan dokumenter, Cline akhirnya didakwa menghalangi penyelidikan jaksa agung negara bagian atas tindakannya pada 2017. Namun tak menerima hukuman penjara. Sebagai gantinya, seorang hakim menangguhkan hukumannya dan meminta denda sebesar USD 500, ditambah biaya pengadilan senilai USD 185.

"Itu selalu tentangmu," kata Jacoba pada sidang obstruksi Cline, "Kamu berbohong. Kamu masih berbohong. Kamu bahkan memiliki keluarga yang mempercayaimu, dan itu membuat saya muak.”

Cline terus mendalami ilmu kedokteran hingga 2009, saat ia resmi pensiun. Kemudian, pada 2018, ia menyerahkan lisensi medisnya kepada Dewan Lisensi Medis Indiana. Dewan juga memilih untuk mencegah Cline agar tak pernah mengajukan permohonan agar lisensinya dikembalikan di masa mendatang.

“Ini sangat mengerikan,” kata Laura Iosue, wakil jaksa agung pengawas, saat itu. “Yang penting Dr. Cline tak berlatih lagi.”

Sekarang, undang-undang Indiana membuat tindakan Cline sebagai sesuatu yang ilegal. Pada 2019, Gubernur Indiana menandatangani undang-undang AS pertama yang melarang penipuan kesuburan. Secara khusus, undang-undang mengkriminalisasi kesalahan penyajian prosedur medis, perangkat, atau obat-obatan.

Ini juga secara langsung merujuk pada materi reproduksi manusia. Setiap pelanggaran adalah kejahatan berat, dan penggugat juga dapat diberikan ganti rugi di pengadilan. Dan, undang-undang serupa telah disahkan di Texas.

Meskipun ia menjadi ayah dari hampir seratus orang tanpa persetujuan orang tua mereka, Dr. Donald Cline masih tinggal di kota kelahirannya di Indianapolis, Indiana, berdasarkan laporan 2019. Dia sampai hari ini belum menampilkan diri ke publik dan masih memiliki banyak pendukung di komunitas.(*)

 

Related Articles
Entertainment
‘Our Father’: Kenapa Donald Cline Tak Pernah Masuk Penjara?

Entertainment
Living with Yourself dan Usaha Paul Rudd Berperan Sebagai Dua Karakter Berbeda

Entertainment
Cole Sprouse Bakal Main Film Bareng Lana Condor di 'Moonshot'