Lifestyle

Penjelasan Desainer Balenciaga tentang Sepatu Rusak Berharga Mahal

Tora Nodisa

Posted on May 13th 2022

Foto: Hypebeast

Rumah mode mewah Balenciaga sedang diejek di internet karena meluncurkan sepatu bernama "Paris Sneakers". Mereka dibanderol dengan harga AS$1.850 atau setara dengan 27 juta rupiah. Untuk mendapatkannya, pembeli harus order terlebih dahulu. Tapi kalau melihat bentuknya, maka kalian sendiri juga akan mengernyitkan dahi. Sepatu ini robek-robek, lecet, ada bekas selip, bahkan tulisan Balenciaga ditulis dengan cat. 

Netizen, khususnya pecinta sneakers langsung bereaksi setelah munculnya Paris Sneakers by Balenciaga tersebut. Ada yang bilang bahwa sepatu ini konyol. Balenciaga sudah tidak punya kreatifitas. Padahal mereka brand yang dikenal menelurkan produk-produk berlabel mewah. Ada juga yang bilang bahwa Balenciaga sedang terinspirasi dengan tunawisma kota New York.

Menurut situs resmi Balenciaga, sepatu kets ini dibuat dengan menggunakan bahan katun dan karet yang benar-benar rusak dengan rib di seluruh kain. Logo merek dicetak di ujung jari kaki dan logo grafiti dengan warna kontras di sol. Sepatu yang sangat compang-camping dan tertekan telah menjadi viral setelah peluncuran hari Senin lalu. Mereka memberi tanggapan negatif terhadap sepatu tersebut. 

Dalam wawancara dengan CNN, pihak Balenciaga mengatakan bahwa estetika sepatu kets yang tampak lusuh bahkan lebih ditekankan dalam gambar kampanye untuk menunjukkan bahwa sepatu itu "bisa dipakai seumur hidu". Rumah mode itu juga telah menginformasikan bahwa hanya 100 pasang sepatu kets "ekstra hancur" yang akan tersedia untuk dibeli seharga 27 juta rupiah. 

Tapi jangan khawatir. Ternyata Balenciaga juga menyiapkan sepatu yang tidak hancur banget. Kali ini dibuat tidak terbatas. Pembeli bisa mendapatkannya dengan harga AS$495 atau setara dengan 7,2 juta rupiah. Sepatu tersebut dijual di toko Amerika Serikat pada 16 Mei 2022. Sedangkan pasar Asia dimulai di Jepang pada 23 Mei mendatang. 

Masih soal kontroversi sepatu ini, ternyata Balenciaga punya misi khusus. Sama seperti desain Paris Sneakers ini, ternyata bukan kekhilafan, melainkan sebuah kesengajaan. Demna Gvasalia, desainer Balenciaga menjelaskan bahwa mereka akan membuat produk yang unik tidak peduli seberapa out of the box dan keterlaluan desainnya. 

"Semua yang saya lakukan memiliki alasan untuk itu,"  kata sang desainer yang pernah bekerja di Louis Vuitton dan Vetelements tersebut. "Jas pesta prom yang jelek atau tas pasar yang mahal tidak masuk akal tidak begitu saja masuk ke dalam koleksi. Semua dibuat dengan sadar, tidak ada yang salah. 

Menurut Demna, yang bekerja di Balenciaga sejak 2015, dia memiliki metode sendiri untuk mengekspresikan sebuah kegilaan. Meski pada akhirnya desain tersebut bakal menuai kritik atau kontroversi. Demna tetap pada pendiriannya. (*)

Related Articles
Lifestyle
adidas Suntikkan Unsur Basket di Niteball

Lifestyle
Siap-siap! Nike Air Max 2090 x Neymar Jr. Dirilis 2 Juni 2020

Lifestyle
Rilisan Kedua Fergadelic x Vans Vault, Terinspirasi dari Masa Kecil Desainernya