Sport

Roster dan Jadwal Lengkap Timnas Basket dan 3x3 Indonesia di SEA Games 2022

Tora Nodisa

Posted on May 13th 2022

Foto: Indonesiabasketball.or.id

Perjuangan Timnas Basket Indonesia di SEA Games 2022, Hanoi, Vietnam akan segera dimulai. Indonesia turun dengan kekuatan penuh, artinya ikut di cabang olahraga bola basket dan 3x3 baik putra maupun putri. Indonesia mematok target tinggi di kompetisi kali ini. 

Dimulai dari basket atau 5v5 putra. Timnas Indonesia diperkuat oleh beberapa pemain lama dan wajah-wajah baru di timnas. Nama-nama yang sudah kita kenal seperti Arki Dikania Wisnu, Juan Laurent Kokodiputra, Hardianus Lakudu, Andakara Prastawa Dhyaksa, dan Abraham Damar Grahita. 

Tapi yang menarik, ada beberapa nama pemain yang layak untuk kalian simak penampilannya. Terlebih usia mereka masih terbilang muda, yaitu Dame Diagne, Derrick Michael, dan Yudha Saputera. Tim ini juga semakin membuat penasaran setelah muncul nama Brandon Jawato dan Marques Bolden. Berikut roster lengkap Timnas Basket Putra Indonesia di bawah asuhan head coach Milos Pejic. 

Bergeser ke roster Timnas 3x3 Putra Indonesia yang kali ini punya target medali emas. Ada tiga nama lama, yaitu Oki Wira Sanjaya, Surliyadin, dan M. Sandy Ibrahim Aziz. Mereka bertiga adalah peraih medali perak 3x3 di SEA Games 2019. Jadi sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. 

Namun untuk menambah kekuatan, timnas 3x3 putra kali ini menambahkan Jamarr Andre Johnson dalam roster. Dengan keberadaan pemain naturalisasi ini, maka Indonesia berani mematok target medali emas. Inilah rosternya.

Beralih ke sektor putri. Timnas Bola Basket 5v5 Putri Indonesia kali ini tampil percaya diri dengan roster yang terbilang cukup mewah. Karena kombinasi senior dan junior kali ini cukup baik. Gabriel Sophia, Mega Nanda, Henny Sutjiono, dan Yuni Anggraeni bisa dikatakan sebagai pemain senior. Mereka jelas punya pengalaman yang cukup di gelaran SEA Games. 

Menariknya ada nama-nama pemain muda seperti Clarita Antonio, Adelaide Wongsohardjo, Nathania Claresta, Dyah Lestari, dan Kadek Pratita Citta Dewi. Sementara Kimberly Pierre-Louis sebagai pemain naturalisasi Indonesia, juga sudah siap berjuang untuk mendapatkan medali SEA Games 2022. 

Mungkin masih ada di antara kalian yang bingung di mana roster Timnas 3x3 Putri Indonesia. Ternyata mereka ada dalam bagian roster timnas putri untuk 5v5. Karena dalam SEA Games 2022 ini para pemain diperbolehkan ikut dua cabang olahraga yaitu basket dan 3x3. Sehingga ada tiga orang dari timnas basket putri yang akan turun di 3x3. 

Tiga orang pemain putri tersebut adalah Kim Pierre Louis, Nathania Claresta, dan Adelaide Calista Wongsohardjo. Sedangkan satu pemain di luar timnas basket, yang khusus untuk diterjunkan di 3x3 adalah Dewa Ayu Made Sriarta Kusuma Dewi. Mereka juga dibebani target medali untuk SEA Games 2022. 

Jadwal pertandingan SEA Games untuk 3x3 akan dimulai pada hari ini, 13 Mei 2022. Sedangkan untuk basket 5v5 dimulai pada 16 Mei 2022. Mari kita dukung atlet-atlet Indonesia berjuang di SEA Games 2022. (*)

Related Articles
Sport
Timnas 3x3 Indonesia Hanya Bawa Satu Perunggu dari SEA Games 2022

Sport
Waktunya Indonesia Juara

Sport
Timnas Indonesia Tembus Semifinal FIBA Esports Open III 2021 Zona Asia Tenggara