Tech

OpenSea Tambah Fitur Pendeteksi NFT, Cegah Koleksi Dijiplak

Jingga Irawan

Posted on May 12th 2022

OpenSea meluncurkan fitur baru untuk meningkatkan kualitas keaslian karya di pasar digital. Hal itu diumumkan perusahaan pada Rabu (11/5). Pembaruan fiturnya termasuk sistem untuk mendeteksi dan menghapus Non-Fungible Token (NFT) hasil jiplakan serta perbaikan proses verifikasi akun.

Copymints merupakan sebutan untuk token yang meniru NFT lain dan terbukti menjadi masalah bagi platform seperti OpenSea. Tahun lalu, platform tersebut melarang dua koleksi yang meniru NFT Bored Ape Yacht Club.

Meskipun pemilik NFT tercatat di blockchain, pemalsuan masih merajalela. Pada Februari lalu, OpenSea mengatakan bahwa lebih dari 80 persen item yang dihapus karena melanggar aturan. 

OpenSea sedang menerapkan sistem deteksi dua bagian salinan baru, mencatat salinan dan mempersulit pengguna untuk menemukan konten asli.

Perusahaan juga mengatakan akan menggunakan teknologi pengenalan gambar untuk memindai NFT pada platform dan membandingkannya dengan koleksi asli, melihat flip, rotasi, dan varian lainnya. Perusahaan juga akan menggunakan tenaga manusia untuk mendeteksi peniruan.

“Kami berkomitmen untuk menyatukan jarum antara menghapus copymint dan memberi ruang bagi remix aditif yang substantif untuk berkembang,” tulis perusahaan.

Pasar NFT terbesar itu juga sudah mulai menghapus konten yang menyinggung dan akan meningkatkan proses penghapusan dalam beberapa minggu mendatang.

Verifikasi akun di OpenSea juga mendapatkan pembaruan. Aplikasi verifikasi khusus undangan akan tersedia untuk akun dengan koleksi setidaknya 100 volume ETH, dan perusahaan mengatakan berencana untuk segera memperluasnya. Koleksi bisa mendapatkan lencana biru ketika dimiliki oleh akun terverifikasi dan memenuhi volume perdagangan 100 ETH.

OpenSea telah meluncurkan fitur keamanan baru menyusul laporan penipuan. Pada bulan Februari, perusahaan mengumumkan sistem dukungan pelanggan terverifikasi, tanggapan terhadap tindakan scam yang meniru karyawan OpenSea serta pencegahan untuk mendapatkan akses ke dompet cryptocurrency orang.(*)

Foto: OpenSea

Related Articles
Tech
Website Game Indie Itch.io Sebut NFT Adalah Penipuan

Tech
Dua Pria di AS Ditangkap Karena Lakukan Penipuan NFT Senilai Rp 15,8 Miliar

Tech
7 Pencurian Crypto Terbesar Awal Tahun 2022