Sport

234 Student Athlete dan 52 Pelatih Terbaik Mengejar Mimpi Belajar ke Amerika

Mainmain.id

Posted on May 11th 2022

Honda DBL Camp 2022 resmi bergulir, Rabu (11/5). Pelatihan basket pelajar terbaik dan terbesar di tanah air digelar di fasilitas DBL Academy dan atrium Pakuwon Mall Surabaya, berlangsung 11-15 Mei 2022 mendatang. Kegiatan tersebut diikuti 234 student athlete pilihan. Plus 52 pelatih terbaik se-Indonesia.

Selama lima hari ke depan, para campers (sebutan bagi peserta Honda DBL Camp) akan belajar, berlatih dan bersaing. Bekerja keras mengerahkan kemampuan terbaik. Sebab inilah titik di mana mereka tinggal butuh selangkah lagi bisa terpilih sebagai skuad Honda DBL Indonesia All-Star 2022.

Bagi yang belum tahu, Honda DBL Indonesia All-Star 2022 merupakan tim elite yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri, serta empat pelatih. Mereka bakal mendapat kesempatan belajar dan bertanding ke Amerika Serikat pada Juli mendatang.

Serangkaian agenda pelatihan telah disiapkan untuk memaksimalkan potensi dan kemampuan basket lebih mendalam para campers. Dilatih oleh para pelatih top. Dipimpin langsung oleh legenda basket Australia Andrew Vlahov serta Shane Froling dari World Basketball Academy (WBA) Australia.

DBL Indonesia selaku penyelenggara kali ini juga menghadirkan seorang guest coach. Ia adalah Anthony Garbelotto, pelatih asal Inggris yang menakhodai NSH Mountain Gold Timika pada IBL musim lalu.

Baca juga: Anthony Garbelotto Siap Berikan Ilmunya untuk Honda DBL Camp 2022

Ketiga pelatih top itu sudah tiba di Surabaya sejak Selasa (10/5). Mereka akan berkolaborasi dengan tim pelatih dari DBL Academy, satu-satunya akademi basket profesional berstandar internasional di Indonesia. Serta didukung pula oleh empat alumni DBL All-Star yang akan berperan sebagai interpreter.

CEO sekaligus founder DBL Indonesia Azrul Ananda mengaku lega sekaligus bangga. Sebab kegiatan Honda DBL Camp yang rutin digelar sejak 2008 ini akhirnya bisa terselenggara kembali. Setelah terpaksa tidak terselenggara akibat pandemi Covid-19.

”Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Astra Honda Motor (AHM) yang terus setia mendukung kegiatan ini. Para partner, pemerintah pusat dan daerah, serta seluruh pihak lainnya yang terlibat,” ungkapnya saat membuka rangkaian Honda DBL Camp 2022, Rabu (11/5).

Baca juga: Berharap Honda DBL Camp Bisa Bangkit Lagi Semangat Student Athlete Pasca Pandemi

Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih juga menyempatkan hadir melihat langsung dan memberi sambutan kepada para campers. Termasuk Andika Sabmarin selaku Brand Activation Department AHM, Suhari dari MPM Distributor Honda, Stefanus Bagus dari Traveloka, Thomas More Suharto dari Proteam, Sudianto Lie dari Ardiles, Yessy Febriana dari National Hospital, serta Evi Ekawati selaku Ketum Pengprov Perbasi Jatim.

”Sebagai induk organisasi basket di tanah air, PP Perbasi sangat mendukung dan berterima kasih kepada DBL Indonesia dan para partner karena secara konsisten selama belasan tahun menggelar kompetisi dan camp basket yang begitu rapi, sistematis, dan besar seperti Honda DBL Camp ini. Setiap tahunnya, kami sangat terbantu dalam mencari bibit-bibit muda potesial buat kebutuhan Timnas,” ujar Danny Kosasih.

Ke-234 campers serta 52 pelatih yang ikut serta pada Honda DBL Camp 2022 ini adalah mereka yang terpilih dari gelaran Honda DBL musim 2021-2022 di 22 kota dari 22 provinsi di tanah air. Bergulir secara maraton sejak Februari 2021 hingga Maret 2022 kemarin.

Serangkaian agenda padat telah menanti para campers. Setelah tiba di Surabaya, mereka harus melakoni serangkaian kegiatan wajib. Seperti measurement test, yakni pencatatan sejumlah data terkait kemampuan fisik. Mulai vertical jump, lebar jari tangan, lebar jangkauan tangan, serta tinggi dan berat badan.

Selanjutnya, seluruh campers juga wajib menjalani medical check-up yang dilakukan oleh tenaga medis dari National Hospital. Di tahap ini, kesehatan maupun keluhan yang dialami oleh campers jadi poin utama yang diperiksa. Mulai dari vital sign seperti tekanan darah, frekuensi napas, denyut nadi per menit, hingga pemeriksaan mendalam.

Baca juga: Jalani Tes Kesehatan di National Hospital, Kondisi Campers Dinyatakan Aman

Pada hari pertama, seluruh campers memulai perjuangan mereka dengan melakoni agenda padat seperti beep test. Ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan dan ketahanan fisik maksimal masing-masing campers. Serta skill challenge untuk mengukur fundamental basket mereka. Seperti dribbling, passing, serta shooting.

Memasuki hari kedua hingga hari kelima, para campers akan digembleng dengan berbagai materi latihan, di antaranya game development. Hal itu bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bermain, serta memahami konsep offensive dan defensive yang variatif. Termasuk scrimmage game.

Selama lima hari ke depan, para campers akan saling bersaing melalui tahapan pemilihan yang sangat selektif dan kompetitif, mulai dari Top 50, lalu Top 24.

Bagi campers yang tersisih dari dua tahapan itu, masih berkesempatan mendapatkan wild card, dan berpeluang terpilih sebagai 10 pemain dan 2 pelatih terbaik masing-masing untuk tim putra dan putri untuk menyandang sebagai skuad Honda DBL All-Star 2022.(*)

Artikel Terkait
Sport
Ini Daftar Top 50 Campers Honda DBL Camp 2022

Sport
DBL Diminta Gelar Liga Kampus

Sport
Sambut Weekend, Honda DBL East Java Series Bawa 8 Sekolah Turun ke Arena