Esports

Diunggulkan, Timnas MLBB Indonesia Tergabung di Grup B

Dika Afandi N

Posted on May 11th 2022

Drawing untuk pembagian grup cabang esports SEA Games 2021 kategori game Mobile Legends telah dilakukan. Timnas Mobile Legends Indonesia tergabung di grup B bersama Vietnam dan Singapura.

Sementara itu, grup A diisi oleh Filipina, Laos, Malaysia, dan Myanmar. Tentunya, hasil tersebut sangat menguntungkan Indonesia. Sebab, lawan terberat “Kiboy” dkk hanyalah Singapura. Kesempatan untuk timnas Indonesia sangat besar untuk melangkah ke fase selanjutnya.

Berbeda dengan grup A yang bisa dibilang sebagai grup neraka. Pasalnya, Malaysia, Filipina dan Myanmar tim kuat yang diperhitungkan di scene internasional Mobile Legends.

Di sisi lain, timnas Indonesia diunggulkan di grup B karena “Vyn” dkk bisa dibilang menjadi tim terkuat. Namun, timnas Indonesia tak boleh jumawa. Pasalnya, biasanya tim underdog bisa saja memberikan kejutan di ajang SEA Games 2021.

Singapura sendiri didominasi oleh pemain dari Evos SG. Tim asal Singapura itu di gelaran Mobile Legends World Championship (M3) sukses duduk di peringkat keempat. Sedangkan untuk Vietnam, mereka diuntungkan karena statusnya sebagai tuan rumah. Hal itu bisa menjadi pelecut semangat mereka di SEA Games 2021 ini.

Untuk masalah format kompetisi, kategori Mobile Legends ini akan menggunakan format round robin dengan best-of-two (BO2). Tim yang juara grup secara otomatis lolos ke upper bracket. Sedangkan tim yang menjadi runner up harus rela lolos ke lower bracket. Sedangkan sisanya harus angkat koper lebih awal dari SEA Games 2021.

Berdasarkan jadwalnya, fase grup akan digelar pada 18-19 Mei 2022. Sementara semua pertandingan yang ada di babak playoff akan digelar pada 20 Mei 2022 mendatang.

Sejak debutnya esports di SEA Games 2019, cabang ini pun langsung populer. Sebab, banyak anak muda yang menggandrungi game saat ini. di SEA Games 2019, timnas Mobile Legends Indonesia berhasil menyabet medali perak. Sebab, mereka harus kandas dari timnas Filipina di grand final. Selain ketegori Mobile Legends yang mendapatkan emas, kategori Arena of Valor juga sukses menyabet medali perak di SEA Games 2019 silam. (*)

Foto: PBESI

Related Articles
Esports
PBESI Janjikan Bonus Rp 7 Miliar untuk Atlet Esports di SEA Games 2022

Esports
Pemain RRQ Hoshi, “Wizzking” akan Perkuat Brunei di SEA Games 2021

Esports
Pemain RRQ Hoshi dan Onic Esports, Ramaikan Pelatnas SEA Games 2021