Interest

Stres Usai Libur Panjang? Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

Dwiwa

Posted on May 11th 2022

Setelah dua tahun berlalu, akhirnya masyarakat Indonesia bisa kembali menikmati libur panjang lebaran tahun ini. Meski libur bisa membantu kita istirahat sejenak dari kesibukan, tetapi libur panjang terkadang menimbulkan stres, rasa malas untuk kembali bekerja, sedih atau kesepian. Bahasa kerennya post-holiday blues.

Dilansir dari Antara, ada sejumlah gejala yang muncul saat orang mengalami kondisi ini. Beberapa di antaranya adalah merasa cemas dan tidak memiliki motivasi, mudah tersinggung, merasa stres dan depresi, insomnia, serta memiliki kekhawatiran tentang uang.

Penyebabnya sendiri ada berbagai macam. Mulai dari pergantian waktu dan musim, makan berlebihan, kurang tidur, ketegangan finansial, hingga mengingat kesibukan atau sibuk kerja saat liburan. Faktor lain yang mungkin menjadi penyebab adalah adanya kesedihan karena kehilangan orang tercinta saat liburan, masalah pada pasangan, atau kesendirian saat libur.

Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu ketika kita harus kembali bekerja atau melakukan rutinitas lain. Untungnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres usai libur panjang ini.

Kalian bisa mulai dengan mengonsumsi makanan sehat, tidur cukup, atau sekadar berjalan kaki. Menonton film lucu, melakukan terapi alam seperti berkebun, serta memanjakan diri sendiri seperti dengan melakukan perawatan juga bisa membantu.

Hal lain yang juga bisa kalian lakukan adalah menjadwalkan sesuatu yang menyenangkan, seperti berolahraga bersama teman atau makan siang bersama kerabat. Mengkomunikasikan rasa sedih dengan memberi tahu keluarga dan teman dekat tentang apa yang sedang kalian alami juga dapat mengurangi rasa stres yang mungkin dirasakan.(*)

Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Artikel Terkait
Interest
Lagi Banyak Tekanan dan Stres? Coba Cara Ini untuk Mengatasinya

Interest
Stres Mungkin Musuh Terburuk untuk Jantung Kita

Interest
Stres Sosial Percepat Penuaan Sistem Imun, Bagaimana Mencegahnya?