Current Issues

Pulang Mudik, Pemerintah Sarankan Masyarakat Lakukan Tes Covid-19 Mandiri

Dwiwa

Posted on May 11th 2022

Buat kalian yang baru saja pulang mudik, melakukan tes Covid-19 secara mandiri mungkin perlu dilakukan. Meski tidak diwajibkan, tetapi hal ini perlu dilakukan sebagai bentuk kehati-hatian dan antisipasi untuk tidak tertular dan menularkannya kepada orang lain.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) kewajiban tes atau tidak saat kembali bekerja, masih menyesuaikan kebijakan yang ada di SE Satgas No 16 tahun 2022. Plus Addendumnya tentang Pelaku Perjalanan Dalam Negeri.

"Khusus bagi ASN sesuai himbauan MenPANRB maka bagi yang selesai melakukan mudik untuk melakukan tes sebelum masuk kerja ke wilayah kerjanya," jelas Wiku menjawab pertanyaan media dalam agenda keterangan pers di Graha BNPB, Selasa (10/5) seperti dilansir dari covid19.go.id.

Paska Idul Fitri, ASN juga dianjurkan sementara bekerja dari rumah atau work from home (WFH) mengikuti Surat Edaran No. 440/2420/SJ tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara Kementerian Dalam Negeri Selama Masa Arus Balik Idul Fitri 1443 H.

Sementara bagi masyarakat umum, walaupun tidak diwajibkan, melakukan test setelah mudik tetap disarankan. Khususnya bagi orang yang merasakan gejala mirip Covid-19 meskipun sudah di booster.

"Hal ini sebagai bentuk kehati-hatian untuk melakukan tes secara mandiri," pungkas Wiku.(*)

Ilustrasi: Pixabay

Related Articles
Current Issues
Anak-anak dan Remaja Boleh Mudik Tanpa PCR dan Antigen, Ini Syaratnya

Current Issues
Lebaran 2022 Boleh Mudik, Tapi Ini Deretan Syarar yang Harus Dipenuhi

Current Issues
Mudik Lebaran 2021 Dilarang, Tapi di Kota-Kota Ini Mudik Lokal Diperbolehkan