Esports

PBESI Janjikan Bonus Rp 7 Miliar untuk Atlet Esports di SEA Games 2022

Dika Afandi N

Posted on May 10th 2022

Pengurus Besar Esports Indonesia alias PBESI benar-benar ingin serius untuk cabang esports di SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam yang berlangsung pada 12-23 Mei 2022. Pasalnya, para atlet esports itu dijanjikan bonus total senilai Rp 7 miliar bila bisa meraih medali emas.

Kabar itu langsung disampaikan oleh Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo pada Senin (9/5). Hadiah itu juga berlaku untuk para pelatih yang berhasil membawa atletnya meraup medali emas SEA Games 2021.

“Dalam waktu dekat ini, mereka harus bisa mempersiapkan semuanya dengan baik dan menunjukkan staminanya, agar memperoleh medali emas untuk bangsa Indonesia,” tukas Bambang.

Selain menjanjikan bonus yang fantastis, Bambang juga menegaskan bahwa seluruh atlet esports SEA Games 2021 telah disiapkan uang saku tambahan total senilai Rp 850 juta.

Sebelumnya, untuk cabang esports ditargetkan meraih 5 medali emas. Namun, target tersebut kini ditingkatkan menjadi enam medali emas setelah PBESI melakukan analisa performa kepada para atletnya saat pemusatan latihan di Basecamp Military Lifestyle, Bogor, Jawa Barat.

“Akan ada 38 atlet yang akan berangkat dari enam nomor pertandingan. Kami berharap keenamnya ini masing-masing bisa mendapatkan emas,” tambah Bambang.

Di ajang SEA Games 2021 ini, setidaknya ada 10 medali emas yang bisa diraih para atlet dari total delapan game yang dipertandingkan. Delapan game itu dibagi menjadi dua versi, yaitu personal computer (PC) dan mobile.

League of Legends, FIFA Online 4 dan CrossFire akan menjadi judul game yang akan dipertandingkan pada kategori game versi PC. Sedangkan untuk kategori mobile diisi oleh League of Legends: Wild Rift (pria dan wanita), Arena of Valor (AoV), PUBG Mobile (solo dan tim), Free Fire, dan Mobile Legends: Bang-Bang.

Sejak debutnya esports di SEA Games 2019, cabang ini pun langsung populer. Sebab, banyak anak muda yang menggandrungi game saat ini. di SEA Games 2019, hanya dua game yang mampu meraih medali. Yaitu Mobile Legends dan Arena of Valor. Dua game itu meraup medali perak.(*)

Foto: PBESI

Artikel Terkait
Esports
Ini Deretan Calon Pelatih Timnas Esports Indonesia untuk SEA Games 2021

Esports
Diunggulkan, Timnas MLBB Indonesia Tergabung di Grup B

Esports
10 Tahun lalu, Bitcoin Pernah Jadi Hadiah Turnamen. Cuma USD 1 Perkeping