Entertainment

Hasil CGI dan Teknologi Syuting Underwater ‘Avatar 2’ Tuai Pujian

Jingga Irawan

Posted on May 10th 2022

Hasil CGI dan teknologi underwater untuk Avatar: The Way of Water tuai pujian penggemar setelah trailer resminya dirilis. 

Sutradara James Cameron memecahkan banyak rekor box office untuk film pertama Avatar berkat teknologi baru yang bisa menghidupkan Pandora. Berdasarkan trailer Avatar 2, James kemungkinan akan mengulangi kesuksesan serupa!

Film pertama Avatar terkenal karena menggunakan teknologi penangkapan gerak dan 3D, sekarang film keduanya akan jauh lebih canggih lagi.

Avatar: The Way of Water menggunakan mo-cap bawah air baru yang diciptakan James khusus untuk sekuelnya. Alih-alih meniru adegan bawah air dengan menggantung orang dari kabel, aktor Avatar memang syuting dalam tangki air dengan ukuran 900.000 galon yang dirancang untuk meniru arus laut.

The Hollywood Reporter mengatakan bahwa peserta acara di CinemaCon di Las Vegas bahkan  kagum dengan 3D yang mengesankan dari film tersebut bersama dengan frame rate yang tinggi.

Trailer Avatar: The Way of Water bergantung pada visualnya. Hanya satu dialog yang disertakan dalam trailer, saat Jake Sully menutup pembukaan besar The Way of Water dengan mengatakan, “Aku tahu satu hal. Kemanapun kita pergi, keluarga ini adalah benteng kita.”

Avatar: The Way of Water memang mengalami beberapa rintangan agar memiliki kesuksesan yang sama seperti film pertama, terutama kesenjangan besar antara rilis kedua film tersebut. Avatar keluar 13 tahun sebelumnya, dan hype untuk film itu diduga telah lama mati.

Namun, kekhawatiran itu jelas tak membuat rencana James terburu-buru, karena sang sutradara memang menunggu teknologi untuk menghidupkan visual yang diinginkannya siap digunakan.

James bahkan mengakui kalau Avatar 2 membutuhkan biaya yang lebih besar saat menggunakan metode baru untuk merekam adegan bawah air, daripada metode tradisional yang menggunakan metode "kering.” Tetapi trailer pertama Avatar: The Way of Water adalah pertanda baik bahwa penantian yang lama dan harga yang mahal tak akan sia-sia.

Avatar pertama juga sempat menghadapi keraguan serupa sebelum dirilis, tetapi kemudian menjadi film dengan berpenghasilan tertinggi sepanjang masa. CGI dan teknologi penangkapan gerak bawah air untuk Avatar: The Way of Water kemungkinan akan terlihat lebih baik pada saat filmnya dirilis pada Desember 2022. (*)

Foto: 20th Century Fox/ Disney

Artikel Terkait
Entertainment
‘Avatar’ Kembali Dirilis di Bioskop dan Jadi Box Office, Banyak yang Tertipu

Entertainment
‘Avatar 2’ Akhirnya Punya Judul dan Jadwal Resmi!

Entertainment
‘Avatar: The Way of Water’ Munculkan Kembali Penjahat Stephen Lang sebagai Na'vi