Entertainment

Suga BTS Menginspirasi PSY untuk Kembali Bermusik, Ceritanya Unik Banget

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 8th 2022

PSY baru-baru ini mengungkapkan peran Suga BTS dalam karier musiknya. Bukan hanya menjadi produser buat lagu That That, ternyata Suga juga mendorong PSY buat kembali merilis karya musik baru lho!

PSY membeberkan fakta ini dalam wawancaranya dengan Billboard. Saat itu musisi kelahiran 44 tahun lalu itu mengungkapkan bahwa dua tahun belakangan ia sibuk menjadi manajer buat artis-artis baru, sama sekali nggak menjadi musisi.

“Dua tahun belakangan, tidak sehari pun aku hiduo sebagai musisi, sangat berbeda dengan 22 tahun belakangan,” ujar pelantun Gangnam Style itu.

Lalu, tiba-tiba, Suga mengubah semua itu. Personil boyband BTS itu menghubungi PSY, mengatakan bahwa ia ingin memproduksi musik untuk musisi tersebut. “Sebelum momen itu aku adalah seorang manajer yang sempurna,” ungkapnya.

“Aku benar-benar menjadi seorang manajer perusahaan selama dua tahun sebelum akhirnya aku bertemu lagu [That That]. Ia datang dengan lagu itu dan menyarankannya untukku. Ia ingin memproduksinya untukku,” ujar PSY. That That akhirnya menjadi single utama dari album terbaru PSY yang bertajuk PSY 9th.

Setelah munculnya That That, PSY jadi terdorong buat mengerahkan sisi musisinya. Ia akhirnya menulis lima atau enam lagu buat album barunya sebulan setelah lagu That That. “Aku sangat terpacu karena insiden itu, oleh anak muda itu,” ujarnya.

“Kami bekerja sama dan itu seru banget lalu aku berpikir, ‘Yeah, ini musik, sesuatu yang ingin kulakukan sejak muda. Ketika aku melihat apa yang ia lakukan, improvisasi dan antusiasmenya, aku benar-benar terpengaruh,” lanjut PSY.

PSY 9th telah dirilis pada akhir April lalu. PSY juga berkolaborasi dengan Bae Suzy dan Hwasa MAMAMOO buat album tersebut. Nah, kamu sudah dengar album baru PSY belum? Yuk, stream.(*)

Gambar: Instagram @42psy42

Artikel Terkait
Korea
Suga BTS Produseri Lagu ‘That That’ buat PSY, Hadir di Album ‘PSY 9th’

Korea
Ini Alasan 'That That' Psy ft Suga Bisa Jadi Trending TikTok Selanjutnya

Entertainment
PSY Gandeng Bae Suzy buat MV ‘Celeb’, Bakal Dirilis Sebentar Lagi