Sport

Roman Abramovich Jual Chelsea ke Todd Boehly

Tora Nodisa

Posted on May 8th 2022

Foto: Chelsea FC

Klub sepak bola dari Liga Premier Inggris Chelsea FC resmi dijual. Oligarki Rusia Roman Abramovich sudah menyatakan bahwa dirinya menjual Chelsea. Gayung bersambut, miliarder Amerika Serikat Todd Boehly dan konsorsiumnya telah menyetujui persyaratan untuk membeli Chelsea. Diharapkan akhir bulan Mei 2022 ini, semua proses akan selesai. 

Pada awal bulan Maret 2022, Abramovich mengumumkan rencana untuk menjual klub miliknya. Ini buntut dari sanksi yang dijatuhkan Liga Premier Inggris yang berhubungan dengan keputusan Vladimir Putin yang melakukan invasi ke Ukraina. Akhirnya Abramovich yang juga penduduk Rusia ikut kena imbasnya. Abramovich sendiri menyatakan bahwa dia tidak ingin mencari keuntungan dari penjualan klub tersebut. 

Proses ini sepertinya berjalan dengan lancar. Pengelola Liga Inggris ingin agar Abramovich segera mengembalikan uang investasi milik Abramovich agar proses jual-beli segera berjalan. Dikutip dari The Sun, Abramovich kini berniat menyumbangkan kekayaan atau hasil penjualan klubnya untuk amal bagi semua korban perang di Ukraina.

Akhirnya Todd Boehly, yang juga sebagai pemilik saham tim bisbol LA Dodgers, dilaporkan bersedia membeli Chelsea senilai £4,25 miliar atau setara dengan 75,1 triliun rupiah. Jumlah tersebut sudah termasuk dengan uang pinjaman investasi yang dikembalikan ke Abramovich. 

Pihak klub The Blues mengkonfirmasi bahwa sebagian uang tersebut akan disimpan ke rekening bank Inggris dan dibekukan. Tujuannya agar uang tersebut bisa digunakan sebagaimana pesan Abramovich untuk membantu korban perang di Ukraina. Semua penyelesaian mengenai keuangan akan diselesaikan melalui Bank Inggris. Targetnya, pada akhir bulan Mei 2022 ini, semua proses selesai, dan The Blues segera berpindah tangan. (*)

Artikel Terkait
Sport
Lika-liku Jual Beli Chelsea

Sport
UEFA: Klub yang Terlibat Liga Super Eropa Bakal Didepak Dari Semua Kompetisi

Sport
Enam Tim Liga Inggris Mundur dari European Super League