Interest

Piknik Tipis-Tipis, 4 Rest Area di Sepanjang Tol Trans Jawa Ini Instragamable!

Dwiwa

Posted on May 6th 2022

Rest Area KM 456A-456B

Sudah dalam perjalanan balik tapi merasa masih belum cukup banyak mengambil foto untuk dibagikan di Instagram? Tenang, dalam perjalanan kembali ke perantauan, terutama bagi yang melintasi jalur Tol Trans Jawa, kalian masih bisa kok menambah koleksi foto yang layak untuk diunggah ke media sosial.

Kalian bisa piknik tipis-tipis selama perjalanan pulang karena sejumlah rest area yang dilewati selama perjalanan menyuguhkan suasana yang Instagramable. Jadi selain bisa mengistirahatkan badan, kalian juga bisa sekaligus menambah koleksi foto yang layak dibagikan di Instagram.

Dilansir dari indonesia.travel, berikut daftar rest area yang memiliki fasilitas lengkap sekaligus suasana yang menarik untuk diabadikan.

1. Rest Area KM 575

Rest area ini terletak di Blego, Ngale, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Di Rest Area KM 575 di ruas Tol Ngawi – Sragen ini kalian akan disuguhi tempat istirahat dengan vibe luar negeri. Desain arsitektur bangunannya mirip yang ada di Eropa sehingga menarik untuk diabadikan.

Selain itu, konsep bangunan yang diusung adalah modern klasik. Ditambah lagi dengan lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu membuat pemandangan alam yang ditawarkan begitu menyegarkan.

2. Rest Area KM 456A-456B

Rest area ini terletak di Jl. Tol Bawen – Salatiga, Ujung-Ujung, Kec. Pabelan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Hal yang menarik dari Rest Area KM 456A-456B ini adalah tempat istirahat di kedua jalur saling terhubung melalui sky bridge.

Keberadaan jembatan tersebut membuat para pemudik yang beristirahat bisa mengunjungi kedua bangunan di rest area yang terletak di ruas Tol Semarang – Solo ini. Tempat istirahat ini disebut dengan rest area Pendopo karena arsitektur bangunannya menyerupai pendopo.

Rest area ini luas dan megah. Ditambah lagi desain interiornya dibuat seperti hotel atau restoran berkelas. Kalian pasti akan nyaman saat istirahat sejenak di sini.

3. Rest Area KM 429

Rest area yang terletak di Ngamplak, Susukan, Kec. Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini juga menawarkan spot yang Instagramable. Saat berhenti di rest area KM 429 kalian akan disuguhi view gunung yang memesona lho.

Rest area yang terletak di KM 429 di ruas Tol Semarang - Solo ini menyajikan panorama Gunung Ungaran yang akan terlihat semakin cantik saat matahari terbenam.

Selain pemandangan alam, bangunan masjid di rest area ini juga tidak kalah apik. Kubah masjid yang berbentuk seperti zupa-zupa terlihat unik. Ditambah, fasilitas serba lengkap seperti SPBU, toilet, restoran, pujasera, pusat oleh-oleh, kedai kopi bikin istirahatmu semakin nyaman.

4.  Rest Area KM 260B

Jika kalian menyukai sesuatu yang antik, Rest Area Heritage KM 260B di ruas Tol Pejagan-Pemalang wajib dikunjungi. Rest area ini dulunya merupakan pabrik gula yang dibangun pada tahun 1908.

Tetapi saat ini, area tersebut telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan tidak meruntuhkan bangunan bekas pabrik sehingga menjadi rest area vintage yang instagramable. Memiliki area yang begitu luas membuat rest area tersebut bisa menampung hingga 10 ribu pengunjung di lahan seluas 10,6 hektare.

Selain masjid juga pusat oleh-oleh dan kuliner yang super lengkap, fasilitas toilet sebanyak 80 kubikel,  dani ada juga tempat bersantainya lho! Alamat lengkapnya ada di Cipugur, Desa Banjaratma, Kec. Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Kira-kira, rest area mana nih yang bakal kalian kunjungi saat arus balik nanti? (*)

Foto: indonesia.travel

Artikel Terkait
Current Issues
Biar Nggak Kena Macet, Cek Prediksi Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Ini

Current Issues
Tips Agar Terhindar dari Rasa Sakit Saat Harus Menyetir Jarak Jauh

Interest
Koleksi Foto: Berkeliling Ibu Kota dengan MRT Jakarta