Tech

Mark Zuckerberg Beri Bocoran Soal Gelang Pengontrol Kacamata Pintar

Jingga Irawan

Posted on May 6th 2022

Mark Zuckerberg bertemu dengan perusahaan kacamata Italia EssilorLuxottica pekan ini untuk membahas proyek teknologi yang berkaitan dengan kacamata pintar. Kacamata tersebut nantinya akan terhubung dengan sebuah gelang yang berfungsi sebagai pengontrol.

"Di sini [CEO EssilorLuxottica] Leonardo [Del Vecchio] menggunakan prototipe gelang antarmuka saraf EMG [electromyography] kami yang pada akhirnya akan memungkinkan pengguna mengontrol kacamata dan perangkat lain," tulis Zuckerberg di unggahan Facebook, di samping foto dirinya dan Del Vecchio.

Diperkenalkan tahun lalu, perangkat dengan electromyography (EMG) mampu menerjemahkan gerakan jari dan tangan ke dunia digital. Teknologinya akan menganalisis sinyal listrik yang bergerak melalui otot lengan pengguna untuk memahami tujuan gerakan, seperti apakah pengguna mencoba menggerakkan satu jari atau mengepalkan tangan.

Awalnya dikembangkan untuk mendeteksi gerakan sederhana seperti cubitan, lepas atau ketukan jari bersama-sama, gelang tersebut nantinya akan berkembang ke kontrol yang lebih maju. Misalnya, pengguna bisa menyentuh dan memindahkan objek virtual.

Teknologi ini didasarkan pada proyek CRTL-lab, yang diakuisisi Facebook pada 2019, dengan menangkap sinyal tubuh dengan sangat jelas sehingga dapat memahami gerakan jari hanya satu milimeter, menurut perusahaan tahun lalu.

Perangkat wearable yang sama juga akan berfungsi sebagai keyboard virtual, dan seiring waktu bisa memahami rutinitas harian pengguna, seperti memutar musik di pagi hari atau membaca berita di malam hari. Gelang tersebut kemungkinan akan diperuntukkan mengontrol kacamata pintar seperti Ray-Ban Stories.

Selain Meta, perusahaan raksasa teknologi lainnya seperti Amazon Inc, Apple Inc dan Alphabet juga ikut mengerjakan produk teknologi yang dapat digunakan (wearable), perusahaan-perusahaan tersebut juga mengembangkan kacamata augmented reality (AR) yang diharapkan bisa mengganti ponsel.(*)

Artikel Terkait
Tech
Google Bikin Headset AR, Kabarnya Dirilis pada 2024

Tech
Pengawas Data Italia Minta Facebook Klarifikasi Cara Kerja Kacamata Pintarnya

Tech
Spectacles AR Pertama Snap Keren Banget, Tapi Masih Banyak Kekurangan