Interest

5 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Saat Perut Terasa Tidak Enak

Dwiwa

Posted on May 5th 2022

Ketika meninggalkan bulan Ramadan dan memasuki Idul Fitri, pola makan kita cenderung berubah. Tidak hanya itu, makanan dan jumlah yang dikonsumsi pun berbeda. Perubahan ini sedikit banyak mempengaruhi sistem pencernaan kita, misalnya menyebabkan terjadinya masalah perut.

Beberapa masalah perut yang sering muncul di antaranya adalah refluks asam ringan, mual, kembung, atau gas. Sayangnya, terkadang gejala seperti mual muncul di saat yang tidak tepat.

Dilansir dari Eat This, Not That!, mual merupakan akibat dari mekanisme kompleks yang melibatkan sistem saraf pusat, sistem saraf otonom, adanya disritmia lambung (ketidakteraturan irama fungsional lambung), dan sistem endokrin. Dan, itu cukup umum.

Sebuah tinjauan tahun 2016 dalam jurnal Therapeutic Advances in Gastroenterology melaporkan bahwa di antara studi populasi, lebih dari 30 persen orang dewasa memiliki setidaknya satu episode mual dalam 12 bulan sebelumnya, dengan wanita lebih sering mengalami mual daripada pria.

Untuk bisa mengatasi mual ini sebenarnya tidak selalu harus menggunakan obat. Berikut adalah lima makanan yang dapat membantu meredakan rasa mual yang kalian alami.

 

1. Jahe

Tanaman ini memiliki sejarah yang luar biasa yang direkomendasikan sebagai obat untuk mual. Sebagian besar penelitian jahe, sebagaimana dicatat dalam tinjauan sistematis 2020 di Nutrients, membahas seputar kemampuan jahe untuk menekan mual yang terkait dengan masa pemulihan setelah operasi, kehamilan, kemoterapi kanker, dan terkadang mabuk perjalanan.

Jahe ini dapat mengurangi penyebab umum mual pada beberapa orang. Saat ini jahe bisa ditemukan dalam banyak bentuk seperti pelega tenggorokan, permen, minuman berasa, teh, suplemen, bubuk, atau diparut dan dicampur ke dalam masakan.

 

2. Pisang

Jika kalian merasa kurang nyaman dengan aroma atau rasa jahe, pisang bisa menjadi alternatif lain. Salah satu diet yang dikenal sebagai cara untuk mengendalikan mual, sakit perut, diare, dan muntah adalah diet "BRAT". Ini adalah akronim yang berarti pisang (banana), nasi (rice), saus apel (apple sauce), dan roti panggang (toast).

Makanan ini lebih lembut di saluran pencernaan dan umumnya memiliki rasa lebih hambar. Pisang kuning yang memiliki beberapa bintik coklat kecil di kulitnya adalah yang paling baik untuk membantu meredakan mual.

 

3. Roti panggang (toast)

Makanan terakhir dalam diet "BRAT" adalah roti panggang. Makanan bertepung ini cukup ringan untuk tidak membebani indra saat membutuhkan camilan atau sebagai bagian dari makanan, yang menjadikannya salah satu pilihan makanan yang lebih baik untuk sakit perut. Makanan yang lebih netral yang tidak memberikan rasa atau bau yang kuat biasanya ditoleransi dengan baik oleh orang yang mengalami mual.

Meskipun biasanya kita disarankan memilih gandum utuh, serat ekstra dari roti gandum atau biskuit gandum mungkin lebih sulit dicerna jika kalian secara aktif menahan mual. Dalam hal ini, tepung putih halus untuk roti panggang atau biskuit dapat diterima dan dapat membantu meredakan mual lebih cepat.

 

4. Kaldu

Kaldu dapat dinikmati dengan menyeruput dengan cangkir atau dengan sesendok dari mangkuk sup. Makanan/minuman yang menenangkan dan sangat ringan ini dapat dengan mudah dikonsumsi tanpa mengganggu perut sekaligus menjaga hidrasi tubuh. Carilah pilihan kaldu yang rendah sodium, baik itu nabati atau hewani.

 

5. Es lilin atau es loli

Kalian tahu perasaan segar saat makan es loli di musim panas? Jenis kelegaan yang sama mungkin bisa direplikasi saat kalian merasa mual. Cobalah untuk memilih es loli yang terbuat dari 100 persen buah. Kalian bisa membekukan campuran smoothie buah atau mencampur jus 100 persen seperti jus apel atau jeruk ke dalam cetakan es loli.

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Biar Nggak Bosan, 5 Film Ini Bisa Ditonton Bersama Keluarga Saat Libur Lebaran

Current Issues
Masih Bingung Mau Kirim Apa? Nih 5 Ide Hampers untuk Teman atau Keluarga

Lifestyle
Awas Kalap Saat Lebaran! Lakukan Hal Ini Agar Tetap Sehat Saat Idul Fitri