Sport

Jersey Rookie Kobe Bryant Ditaksir Bakal Laku 71,9 Miliar Rupiah

Tora Nodisa

Posted on May 5th 2022

Foto: Time

Barang peninggalan legenda NBA Kobe Bryant kembali masuk rumah lelang. Karena Kobe Bryant sendiri sudah meninggal, maka barang-barang peninggalannya kini naik harga. Minggu depan, rumah lelang SCP Auctions bakal melelang sebuah jersey bersejarah milik mendiang Kobe Bryant. Jersey Los Angeles Lakers musim 1996-97 atau jersey rookie milik Kobe Bryant ditaksir seharga 71,9 miliar rupiah. 

Dikutip dari SPC Auctions, jersey berwarna kuning dengan nomor punggung 8 ini sangat bersejarah bagi Kobe Bryant. Dia mengenakan jersey tersebut pada 13 April 1997 melawan Utah Jazz, dan 17 April 1997 melawan Sacramento Kings. Momentum lainnya mengenakan jersey tersebut adalah pada 8 Mei dan 10 Mei 1997 saat semifinal Wilayah Barat. Lakers memenangkan game kedua, dan Kobe saat itu mengoleksi 19 poin. Namun di musim pertamanya, Kobe bersama Lakers harus gugur di semifinal Wilayah Barat, setelah kalah 1-4 dari Utah Jazz. 

Menurut David Kohler dari SCP Auctions, jersey tersebut bakal dilelang mulai tanggal 18 Mei hingga 4 Juni 2022. Lelang dilakukan melalui online. Kohler memperkirakan harganya ada di kisaran AS$3 juta sampai AS$5 juta rupiah. Dengan kata lain, jersey tersebut bisa laku dengan harga tertinggi mencapai 71,9 miliar rupiah. 

"Kami merasa bahwa jersey ini nantinya bakal membuat rekor penjualan, dibanding jersey lainnya," ungkap Kohler, dikutip dari AP News. 

Selain karena pemilik aslinya sudah meninggal, harga jersey tersebut semakin mahal karena ada tanda tangan mendiang Kobe Bryant. Keaslian dari jersey ini juga dibuktikan dengan adanya kartu Skybox Z-Force 1997 yang bergambar Kobe Bryant. Kartu tersebut ikut dilelang di SCP Auctions. Sementara, sebelum dilelang di SCP Auctions, jersey tersebut disimpan oleh seseorang yang tidak mau disebutkan namanya selama 25 tahun terakhir. 

Dijelaskan Kohler, kalau pemiliknya tertarik untuk menjual koleksinya setelah mendengar banyak barang rookie peninggalan mendiang Kobe Bryant yang laku dengan harga tinggi. Tahun lalu, jersey rookie Kobe Bryant lainnya laku seharga AS$3,69 juta atau setara dengan 53,1 miliar rupiah. Jersey tersebut untuk sementara menduduki rekor penjualan tertinggi untuk seragam olahraga. Sementara di tahun yang sama, kartu Kobe Bryant dijual seharga AS$25,9 miliar rupiah. 

Ironisnya, dua penjualan barang peninggalan Kobe Bryant di tahun 2021 tersebut tak satupun yang mampir di SCP Auctions. Maka dari itu, kini rumah lelang tersebut ingin memecahkan rekor dengan menjual jersey Kobe Bryant yang lebih punya nilai sejarah dibanding jersey lainnya. (*)

Artikel Terkait
Sport
Mantan Pemain NBA Lelang Cincin Juara untuk Sumbang Ukraina

Sport
Kenangan Tak Terlupakan Kobe Bryant di Bulan April

Sport
Pemilik Los Angeles Lakers Curhat di Twitter