Sport

Head to Head Real Madrid Vs. Liverpool di Liga Champions

Tora Nodisa

Posted on May 5th 2022

Foto: Draftking Nation

Semifinal Liga Champions Eropa 2022 selesai semalam. Real Madrid FC berhasil menumbangkan Manchester City, dan menyusul Liverpool FC ke Final Liga Champions tahun ini. Pertemuan Los Galacticos dan The Reds tersebut bakal berlangsung di Paris, Prancis, pada 28 Mei 2022. Namun sebelum itu, ada baiknya kalian tahu soal sejarah pertemuan dan head-to-head kedua tim. 

Sebelum melaju ke final, Real Madrid harus menjalani laga berat melawan Manchester City. Madrid kalah 3-4 dari Man City pada leg pertama, 27 April lalu, di Stadion Etihad. Kevin De Bryune membuka keunggulan tuan rumah di menit kedua. Lalu Gabriel Jesus menggandakan keunggulan tersebut (2-0) di menit ke-11. Sebelum turun minum, tepatnya di menit ke-33, Karim Benzema membuat gol untuk mengejar ketertinggalan (1-2). 

Di babak kedua, Man City memperlebar jarak menjadi 3-1 setelah gol indah dari Phil Foden. Tapi Madrid membalasnya dua menit kemudian lewat Vinicius Junior (3-2). Pada menit ke-74, Man City menutup pesta gol mereka melalui Bernardo Silva. Namun Madrid mendapatkan hadiah penalti di menit ke-82. Eksekusi penalti dari Benzema tersebut membawa mereka hanya terpaut satu gol saja (3-4). 

Drama Madrid kontra Man City berlanjut di leg kedua, di Santiago Bernabeu, pada 5 Mei 2022. Laga berlangsung alot hingga detik-detik terakhir. Riyad Mahrez membuat Man City unggul 1-0 di menit ke-75. Gol tersebut membuat agregat melebar jadi 5-3. Namun "Dewi Fortuna" menghampiri Real Madrid di menit-menit terakhir. Madrid memborong tiga gol hanya dalam lima menit, yaitu lewat Rodrygo Goes (90 dan 90+1), serta Kareem Benzema di menit ke-95 dengan penalti. 

Beralih ke Liverpool. Mereka tampil dominan dari Villareal selama semifinal leg pertama, Kamis, 28 April 2022. Liverpool menang 2-0 melalui gol bunuh diri Pervis Estupinan (53') dan Sadio Mane (55'). Kemenangan tersebut membuat publik Anfield yakin bahwa tim kesayangannya bisa memboyong trofi Liga Champions tahun ini. 

Namun Villareal tidak tinggal diam. Mereka tampil beringas di Stadion El Madrigal pada leg kedua, 4 Mei 2022. Villareal menyamakan agregat menjadi 2-2 di babak pertama. Dua gol dari Villareal dicetak oleh Boulaye Dia (3') dan Francis Coquelin (41'). Namun petaka bagi Villareal terjadi di kuarter kedua, di mana Liverpool memborong tiga gol langsung. Gol tersebut dicetak oleh Fabinho (62'), Luis Diaz (67'), dan Sadio Mane (74'). Dengan agregat 5-2 maka Liverpool yang berhak melaju ke Final Liga Champions. 

Final Liga Champions akan berlangsung pada tanggal 28 Mei 2022, waktu Eropa, di State de France, Paris, Prancis. Stadion yang merupakan kandang dari Paris Saint Germain. Menurut informasi yang dihimpun dari situs uefa.com, Madrid dan Liverpool sudah bertemu 8 kali di Liga Champions Eropa. Dari jumlah tersebut, Madrid menenangkan laga sebanyak 4 kali, sedangkan Liverpool 3 kali. Sisanya, sekali berakhir dengan hasil imbang (draw). Untuk jumlah gol sendiri, Madrid menyarangkan 10 gol ke gawang Liverpool, sebaliknya Liverpool membobol Madrid dengan 8 gol.

Soal jumlah gelar juara, Madrid jelas lebih banyak. Tim asuhan Carlo Anceloti tersebut memiliki koleksi 13 trofi Liga Champions. Terakhir mereka mendapatkannya di musim 2017-18. Sementara Liverpool punya koleksi 6 trofi Liga Champions, dengan gelar terakhir musim 2018-19. 

Meski secara rekor Real Madrid lebih unggul, tapi Liverpool punya catatan bagus di masa kini. Mereka belum pernah kalah dalam 5 game terakhir di Liga Champions. Sedangkan Madrid menang 3 dari 5 game terakhir. Pencetak gol terbanyak Liverpool di Liga Champions masih bermain bersama mereka yaitu Mohamed Salah dengan koleksi 34 gol. Sebaliknya, Madrid sudah kehilangan Cristiano Ronaldo yang punya koleksi 105 gol di Liga Champions. 

Fakta-fakta soal Madrid dan Liverpool akan semakin menarik dan banyak disajikan menjelang kick-off final nanti. (*)

Artikel Terkait
Sport
Komentar Klopp dan Ancelotti Jelang Final Liga Champions 2022

Sport
Cukup Satu Gol, Real Madrid Juara Liga Champions Eropa 2022

Sport
Liverpool ke Final Liga Champions, Jamie Carragher Undang LeBron James ke Paris