Interest

Khawatir Kolesterol Naik Saat Lebaran? Coba 5 Buah Ini Untuk Mengatasinya

Dwiwa

Posted on May 4th 2022

Sudah berapa banyak opor ayam, rendang, dan makanan bersantan lain yang dimakan selama lebaran? Meskipun masakan tersebut sangat nikmat sebagai lauk ketupat saat lebaran, tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak ada efek buruk yang mengancam kesehatan dalam jangka panjang loh.

Salah satu yang cukup dikhawatirkan menjadi masalah adalah kolesterol. Ahli gizi Universitas Airlangga (Unair) Stefania Widya Setyaningtyas S.Gz MPH  kepada Unair News mengungkapkan jika kolesterol ini berasal dari lemak. Makanan berlemak ini di antaranya termasuk daging merah, seafood, minyak dan makanan bersantan yang sering disajikan saat lebaran.

Jika kadar kolesterol dalam tubuh ini tidak dijaga, maka risiko seseorang untuk mengalami gangguan kesehatan seperti penyakit jantung jadi lebih besar. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal itu terjadi.

Jika memang sudah memiliki riwayat kolesterol tinggi dan ingin menurunkan tentu menemui dokter untuk berkonsultasi adalah hal yang paling tepat. Tetapi jika kalian baru sekadar khawatir terlalu banyak mengonsumsi makanan sumber kolesterol selama lebaran, mengubah pola makan dan menggantinya dengan makanan lebih sehat bisa jadi alternatif.

Dilansir Eat This, Not That!, berikut lima buah-buahan yang bisa kalian konsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol.

 

1. Jeruk

Jeruk bukan hanya enak dan dan baik untuk menjaga kekebalan tubuh, tetapi jeruk juga bagus untuk kesehatan jantung loh. Menurut Lauren Manaker, MS, RDN, penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook dan Fueling Male Fertility, jeruk adalah buah memuaskan yang mengandung nutrisi penting untuk kesehatan jantung tanpa tambahan gula.

“Studi observasional menunjukkan hubungan antara orang dewasa yang mengonsumsi jus jeruk dan kadar kolesterol total dan LDL yang secara signifikan lebih rendah, dengan laki-laki memiliki risiko 23 persen lebih rendah untuk memiliki konsentrasi HDL yang rendah, dibandingkan dengan non-konsumen. Memulai hari dengan sajian jus jeruk 100 persen bisa menjadi salah satu hal positif untuk mendukung kadar kolesterol yang sehat.”

 

2. Semangka

Tidak hanya menyegarkan saat musim panas, ahli diet mengatakan semangka juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Semangka secara alami mengandung likopen, karotenoid yang telah terbukti menangkal radikal bebas, sehingga mungkin mencegah peningkatan kadar kolesterol. Menyeruput jus semangka bisa menjadi cara menyegarkan untuk memasukkan banyak nutrisi penting, termasuk likopen, ke dalam asupan harian. Terutama jika itu menggantikan minuman dengan gula tambahan.

 

3. Prune

Prune atau buah plum yang dikeringkan juga menjadi salah satu makanan sehat untuk menjaga kesehatan jantung.

"Menurut data terbaru, mengonsumsi 50 gram prunes setiap hari (5 hingga 6) meningkatkan HDL (kolesterol baik) pada wanita pascamenopause secara signifikan, serta menurunkan peradangan dan meningkatkan aktivitas antioksidan," kata Manaker. "Menambahkan prune ke smoothies, termasuk dalam masakan ayam gurih, atau hanya memakannya polos adalah cara untuk menikmati buah-buahan yang baik untuk tubuh ini."

 

4. Apel

Mengonsumsi sebuah apel setiap hari benar-benar dapat menjauhkan kalian dari dokter. Atau setidaknya dapat memberi tubuh kita beberapa nutrisi yang sangat membantu.

"Apel sangat tinggi pektin, yang merupakan serat larut yang dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan, di mana ia membawa kolesterol ke hati untuk eliminasi," kata Morgyn Clair, MS, RDN, penulis di Fit Healthy Momma.

 

5. Buah beri

Buah beri adalah beberapa buah terbaik untuk menurunkan kolesterol karena kandungan seratnya dan antioksidan yang bermanfaat.

"Berries mengandung banyak antioksidan," kata Clair. "Mereka membantu melindungi kolesterol LDL 'jahat' dari oksidasi dalam tubuh dan karenanya melindungi dari efek berbahayanya." (*)

 

Foto: Pexels/Susanne Jutzeler

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Kebiasaan Makan Ini Diam-Diam Bikin Kolesterolmu Melejit

Interest
Biar Badan Nggak Melar, Begini Cara Jitu Jaga Pola Makan Usai Ramadhan

Lifestyle
Sarapan Ini Bisa Bikin Kolesterol Naik Loh, Stop Mulai Sekarang