Current Issues

Tips Agar Terhindar dari Rasa Sakit Saat Harus Menyetir Jarak Jauh

Dwiwa

Posted on May 4th 2022

Diperbolehkannya mudik pada lebaran 2022 membuat jutaan orang rela menempuh perjalanan jauh untuk bisa kembali ke kampung halaman. Di momen istimewa ini, tidak sedikit yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik.

Meski menggunakan kendaraan pribadi membuat mobilitas di kampung halaman jadi lebih mudah, tetapi umumnya orang cenderung lebih gampang lelah. Apalagi jika harus menyetir di arus mudik dan arus balik.

Beberapa masalah yang sering dialami di antaranya sakit pada leher, punggung, dan pinggul karena terlalu lama menyetir. Nah agar hal-hal di atas tidak terjadi, berikut beberapa tips sederhana yang bisa kalian terapkan saat harus menyetir jarak jauh seperti dilansir Antara.

 

1. Sering beristirahat

Cara pertama yang perlu kamu lakukan agar tubuh tidak terlalu sakit saat mengemudi terlalu lama adalah sering beristirahat. Usahakan untuk istirahat setiap 1-1,5 jam.

 

2. Peregangan leher

Leher menjadi salah satu bagian tubuh yang sering mengalami masalah saat terlalu lama menyetir. Karena itu, lakukan peregangan leher secara berkala selama istirahat dalam perjalanan.

Agar leher tidak kaku dan nyeri,  lakukan peregangan dengan menganggukan kepala ke atas dan ke bawah, telinga ke bahu, lalu putar sisi ke sisi. Lakukan juga peregangan trapezius atas dengan cara bahu rileks, tekuk ke samping dengan lembut, arahkan telinga ke bahu.

Selanjutnya lakukan peregangan levator dengan memutarkan kepala ke satu sisi dan jatuhkan dagu ke arah bahu.

 

3. Peregangan punggung

Bagian tubuh lain yang juga sering mengalami masalah adalah punggung. Untuk mengatasinya kalian bisa melakukan peregangan punggung dengan berdiri dengan tangan di belakang punggung dan melengkung ke belakang.

Bisa juga dilakukan duduk dengan kaki terentang, tekuk ke depan di pinggang sampai terasa meregang.

Kemudian untuk pinggul, lakukan peregangan hamstring. Caranya, letakkan kaki yang akan diregangkan pada objek 6-8 inci dari tanah. Perlahan condongkan tubuh ke depan. Pelan-pelan putar tubuh ke belakang sampai meregang lembut. Kemudian duduk dengan kaki terentang, tekuk ke depan di pinggang sampai terasa meregang.

 

4. Camilan sehat

Jangan lupa juga selama perjalanan untuk membawa camilan sehat. Pasanya camilan olahan dan manis dapat meningkatkan retensi cairan yang meningkatkan risiko nyeri sendi. Beberapa contoh camilan yang bisa dibawa seperti buah, sayur, granola bar, dan yoghurt. (*)

 

Foto: Pexels/Oleksandr Pidvalnyi

Artikel Terkait
Current Issues
Biar Nggak Kena Macet, Cek Prediksi Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Ini

Current Issues
Nyetir Sendiri Saat Mudik? Coba Tips Anti Ngantuk Berikut ini

Current Issues
Tips Aman Silaturahmi di Kampung Halaman Saat Pandemi