Current Issues

Tips Aman Silaturahmi di Kampung Halaman Saat Pandemi

Dwiwa

Posted on May 1st 2022

Pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan mudik di lebaran tahun ini. Jutaan orang pun berbondong-bondong kembali ke kampung halaman untuk bisa bertemu dan berkumpul dengan sanak saudara.

Tetapi yang perlu diingat, Hari Raya Idul Fitri 1443 H kali ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Karena itu, masih ada berbagai protokol kesehatan yang perlu diperhatikan saat sedang silaturahmi.

Nah, agar kalian dan orang yang dikunjungi saat lebaran tetap aman dan sehat, berikut enam tips yang bisa kalian lakukan saat silaturahmi ke rumah sanak saudara, teman atau kerabat.

1. Pastikan kondisi sehat
Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum berkunjung ke rumah saudara atau kerabat adalah memastikan kondisi sehat. Akan lebih baik jika sudah mendapatkan vaksinasi lengkap dan booster. Seandainya kalian merasa sakit, entah itu hanya terasa pilek atau radang tenggorokan, sebaiknya ditunda dulu berkunjungnya.

Pasalnya, gejala Covid-19 yang saat ini paling umum dirasakan rata-rata hanya ringan dan mirip pilek, apalagi untuk orang yang sudah mendapatkan vaksinasi. Tetapi meskipun gejalanya ringan, orang yang sudah divaksin pun masih bisa menularkan ke orang lain. Hal ini tentu berisiko untuk kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, orang dengan gangguan imun dan individu dengan komorbid yang mungkin kita kunjungi.

2. Tetap pakai masker
Satu hal yang masih tetap harus kalian lakukan meski banyak aturan sudah dilonggarkan adalah memakai masker saat berkunjung ke tempat saudara atau kerabat. Bahkan meski kalian sudah mendapatkan vaksinasi lengkap dan booster sekalipun.

Hal ini penting untuk mengurangi risiko kita dan orang yang dikunjungi tertular virus. Sejumlah studi juga telah menunjukkan jika masker masih tetap bisa melindungi, bahkan jika hanya kita yang memakai.

Perlindungan ini akan didapat secara maksimal jika masker dibuat dari bahan berkualitas dan dipakai dengan benar. Masker harus menutup bagian hidung hingga dagu dengan posisi yang rapat dan pas di wajah.

3. Jaga jarak
Tidak hanya masker, kalian juga tetap harus menjaga jarak ketika sedang bersilaturahmi ke tempat sanak saudara. Usahakan jika kalian sedang mengobrol dengan saudara atau teman, terutama ketika di dalam ruangan untuk menjaga jarak setidaknya satu meter.

4. Membawa hand sanitizer
Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir tetap menjadi hal yang paling dianjurkan. Tetapi dalam kondisi tertentu, kalian bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Selalu bersihkan tangan secara rutin ketika kalian berkunjung, terutama ketika hendak makan dan minum.

Karena itu, pastikan untuk selalu membawa hand sanitizer ketika berkunjung ke tempat saudara. Gunakan hand sanitizer yang didalamnya mengandung minimal alkohol 60 persen agar kuman dan bakteri di tangan bisa lenyap.

5. Batasi makan dan minum
Jika berkunjung ke rumah sanak saudara atau pun kerabat dan suasananya penuh sesak, usahakan untuk tidak menyantap makanan dan minuman ya. Tujuannya tentu untuk mengurangi risiko terjadinya penyebaran Covid-19.

Tetapi jika tamunya tidak terlalu banyak, kalian masih boleh makan kok, tetapi usahakan untuk dibatasi ya. Hal ini dikarenakan ketika makan kita cenderung membuka masker yang membuat risiko tertular virus jadi lebih besar.

6. Bersihkan diri saat kembali ke rumah
Ketika sudah kembali ke rumah, jangan malas untuk membersihkan diri ya guys. Entah itu langsung cuci tangan, ganti baju, atau bahkan mandi kalau memang merasa perlu.

Hal ini penting untuk kalian lakukan agar kuman-kuman maupun virus yang terbawa saat di jalan maupun ketika bersilaturahmi tidak masuk ke dalam rumah. Dengan begitu, lebaran bisa tetap aman dan nyaman tanpa khawatir terpapar virus. (*)

Foto: Pexels/mentatdgt

Artikel Terkait
Current Issues
Lebaran 2022 Boleh Mudik, Tapi Ini Deretan Syarar yang Harus Dipenuhi

Current Issues
Agar Lebaran Aman, Jaga Kondisi dengan Cegah Penularan Covid-19

Current Issues
Kasus Covid Semakin Menurun, Apakah Pandemi Covid-19 Sudah Berakhir?