Current Issues

Nyetir Sendiri Saat Mudik? Coba Tips Anti Ngantuk Berikut ini

Dwiwa

Posted on April 30th 2022

Siapa nih yang memilih untuk mudik dengan kendaraan pribadi? Selain lebih hemat, salah satu alasan yang membuat orang memilih untuk menyetir sendiri saat mudik adalah kemudahan mobilitas saat di kampung halaman.

Meski begitu, menyetir sendiri selama mudik juga bukan perkara mudah. Selain lebih capek, pemudik yang menyetir sendiri kendaraannya juga dituntut untuk selalu waspada alias tidak boleh ngantuk.

Pasalnya, ketika musim mudik tiba, jalanan jadi lebih ramai dan padat sehingga potensi terjadinya kecelakaan lebih tinggi dibanding hari biasa. Jika pengendara dalam kondisi mengantuk, tentu risiko terjadinya kecelakaan jadi semakin tinggi.

Nah, agar selama menyetir tidak mudah mengantuk, ada sejumlah hal yang bisa kamu lakukan loh. Dilansir dari buku elektronik tentang panduan mudik aman dan sehat 2022 yang diterbitkan Polri, berikut tips anti ngantuk saat berkendara saat Ramadan.

1. Hindari makanan berat saat sahur.

2. Minum sedikitnya delapan gelas air putih selama jeda puasa hingga sahur.

3. Hindari mengonsumsi obat dengan efek samping sebelum atau saat berkendara.

4. Beristirahat setiap dua jam saat perjalanan jauh.

5. Lakukan peregangan otot dan berjalanlah di rest area terdekat sekitar 10 menit.

6. Minta ditemani dan bergantian menyetid dengan teman atau keluarga di sepanjang perjalanan.

Selain keenam tips di atas, hal yang juga perlu diperhatikan agar tidak mudah mengantuk saat berkendara adalah posisi duduk. Posisi duduk yang salah bisa membuat kita jadi mudah lelah dan tentunya lebih gampang ngantuk. Karena itu, usahakan untuk menyetir dengan posisi duduk yang benar ya saat menyetir.

Kalian juga perlu menjaga tubuh untuk tetap bugar selama perjalanan agar mudik bisa tetap aman dan nyaman. Pastikan juga protokol kesehatan 3M tetap diterapkan ya. Sebab, meski sudah mulai terlihat “normal”, pandemi Covid-19 sebenarnya masih belum usai. (*)

Foto: Pexel/Sinitta Leunen

Artikel Terkait
Current Issues
Biar Nggak Kena Macet, Cek Prediksi Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Ini

Interest
Mau Mudik Pakai Motor? Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan

Interest
Boleh Nggak Sih Mengonsumsi Minuman Energi Saat Mudik?