Sport

Nike Rilis "Mambacita" di Hari Ulang Tahun Gigi Bryant

Tora Nodisa

Posted on April 30th 2022

Foto: Nike

"Happy Birthday, Gigi". Begitu tulis Nike dalam sebuah iklan di media sosial yang menampilkan Nike Kobe 6 Protro "Mambacita". Rencananya, sepatu ini akan dirilis resmi ke pasaran pada 1 Mei mendatang, yang bertepatan dengan hari ulang tahun Gianna "Gigi" Bryant. Putri kedua mendiang Kobe Bryant, yang ikut menjadi korban kecelakaan helikopter pada bulan Januari 2020 silam. 

Kecelakaan helikopter naas pada 26 Januari 2020 tersebut merenggut nyata Kobe Bryant dan putrinya, Gigi Bryant dan beberapa korban lainnya. Sepeninggalan Kobe, keputusan tentang kerjasama beberapa merek ternama diambil alih oleh Vanessa, istri mendiang Kobe Bryant. Termasuk dengan Nike dengan produk sepatunya yang terkenal. Vanessa yang berencana membuat brand sendiri, malah tidak bisa berkembang. Sebaliknya, Nike malah mengeluarkan model terakhir yang membuat Vanessa tersentuh hatinya. 

Model sepatu tersebut akhirnya diberi nama Nike Kobe 6 Protro "Mambacita". Menampilkan warna dan ciri khas dari Gianna Bryant. Nike sebelumnya merilis sepatu tersebut secara sembunyi-sembunyi. Memberikan beberapa pasang untuk bintang-bintang NBA, termasuk LeBron James. Namun bulan lalu, Vanessa akhirnya mendatangi Nike untuk menjalin kerjasama. Akhirnya disepakati bahwa laba bersih dari penjualan sepatu "Mambacita" tersebut akan diberikan kepada Mambacita Sports Foundation (M&MSF). Sementara untuk Nike, mereka bisa melanjutkan produksi sepatu signature Kobe Bryant. 

Tanggal rilis sepatu ini sengaja dipilih sesuai dengan hari ulang tahun Gianna Bryant, yaitu 1 Mei. Seandainya masih hidup, Gigi sekarang akan berusia 16 tahun. Ini merupakan sepatu pertama yang dirilis Nike setelah Vanessa menandatangi kerjasama dengan perusahaan tersebut sebagai wakil dari mendiang suaminya. Sepatu ini akan dilepas dengan harga AS$180 per pasang. Antrean untuk pembelian sepatu "Mambacita" di Los Angeles sudah dimulai 29 April 2022. Namun mereka bisa mendapatkan sepatu ini pada 1 Mei 2022.

Gianna Maria Onore Bryant  juga disebut sebagai "Gigi", adalah seorang pemain bola basket Amerika Serikat yang bersekolah di Harbour Day School di Newport Beach. Lahir di Los Angeles, California dari pasangan Vanessa dan Kobe Bryant, Gianna dibesarkan bersama kakak perempuannya Natalia dan dua adik perempuan, Bianka dan Capri. Ibunya orang Meksiko dan ayahnya orang Afrika-Amerika. Dia juga cucu dari mantan pemain NBA Joe Bryant dan keponakan dari mantan pemain bola basket John "Chubby" Cox. Ayahnya, Kobe, adalah alasan dia mulai bermain bola basket. 

Gigi punya cita-cita untuk bermain di WNBA setelah menghadiri pertandingan Los Angeles Sparks saat duduk di kelas empat sekolah dasar. Gigi pernah mengatakan," Saya akan bermain di WNBA, saya berjanji." Gigi Bryant bermain bola basket untuk Mamba Sports Academy, di mana dia dilatih oleh ayahnya sampai kematian mereka yang tragis. Gigi memiliki hubungan yang sangat dekat dengan ayahnya, Kobe karena dia biasanya selalu berada di sisi ayahnya. Mendiang Kobe sering menyebut Gianna adalah versi perempuan dari dirinya. (*)

Artikel Terkait
Sport
"MAMBACITA", Sepatu yang Mengubah Pendirian Vanessa Bryant untuk Nike

Sport
Tribut Nike untuk Kobe Bryant, Model Anak-anak Kenakan Jersey Nomor 8 dan 24

Sport
Nike Kobe, Sepatu Paling Populer di NBA Musim Ini