Sport

Kyrie Irving Disebut Pemain Paling Halu

Tora Nodisa

Posted on April 30th 2022

Foto: Yahoo!Sports

Bintang Brooklyn Nets Kyrie Irving kembali membuat kehebohan di dunia maya. Setelah Nets dihancurkan Boston Celtics di Playoffs NBA 2022 putaran pertama dengan agregat 0-4, Irving muncul bahwa dirinya telah diperlakukan tidak adil. Irving disebut sebagai kambing hitam dari kegagalan Nets musim ini. Sebaliknya Irving menganggap bahwa netizen sudah merendahkan "pahlawan pribumi". Kini Stephen A. Smith dari ESPN, menyebut Irving sebagai pemain paling halu dalam sejarah Amerika Serikat. 

Munculnya cuitan Irving ini bukan tanpa sebab. Netizen menuduhnya sebagai biang keladi atas kegagalan Nets menjadi juara NBA 2022. Padahal mereka mengawali musim dengan bagus. Irving menjadi pilar bersama Kevin Durant dan James Harden. Namun dalam perjalanannya, Irving malah tidak bisa bermain lantaran menolak vaksin Covid-19, yang membuatnya parkir hampir sebagian besar musim ini. 

Stephen A. Smith dalam acara First Take ESPN yang ditayangkan hari Jumat, waktu setempat, mengatakan kalau Irving memang pemain yang berbakat. Tapi kali ini, bakat tersebut seperti tertutup dengan sikapnya sendiri. Irving mencoreng kepercayaan publik dengan sikap dan perkataannya sendiri. 

"Irving menurut saya adalah pemain yang mengalami delusi (delusional disorder). Dia adalah pemain paling halu sepanjang sejarah olahraga di Amerika Serikat," kata Smith. 

Irving mencoba membuat narasi bahwa dirinya adalah korban penganiayaan di media sosial. Irving berbalik menyalahkan netizen, serta menyebut netizen sudah merendahkan seorang "pahlawan kulit hitam". Sementara narasi yang dia bangun di media konfensional adalah Irving menjadi sosok yang mengatur Nets. Apa yang menjadi keputusannya, bakal dipenuhi oleh Nets. Termasuk soal kontrak dan pelatih. 

Setelah kalah 0-4 dari Celtics, dalam wawancara Irving mengatakan kalau dirinya akan tetap berada di Nets. Meski kontraknya habis, Irving akan menggunakan opsi pemain untuk tetap berada di Nets hingga musim 2022-23. Di saat itu, dia berencana untuk membawa Nets menjadi juara bersama Kevin Durant. Tapi Irving tidak menyebut ada nama Steve Nash di sana. 

"Saya tidak akan pergi ke mana-mana. Saya, Durant, Joe Tsai (pemilik Nets), dan Sean Marks (manajer Nets), akan segera berbicara minggu depan. Saya menantikan untuk bisa membentuk tim baru," ungkap Irving dalam wawancara tersebut. 

Pernyataan Irving tersebut seolah-olah menyiratkan bahwa tidak ada masalah antara dirinya dan manajemen Nets. Padahal kenyataannya, Joe Tsai dan Sean Marks sendiri sudah tidak suka dengan Irving. Bahkan soal Steve Nash, Kevin Durant sendiri mengatakan kalau pelatih tersebut layak dipertahankan. Irving seakan lupa bahwa dialah sumber masalah Nets sebenarnya. Irving tidak tampil dalam 53 pertandingan Nets di musim reguler 2021-22, karena tidak mau divaksin. 

Setelah serangkaian berita tetang pernyataan Irving muncul di media, maka netizen menilai bahwa dirinya mengalami delusi. Sebuah kondisi di mana seseorang tidak bisa membedakan kenyataan dan khayalan. Penderita delusi ini mengalami gangguan psikologis yang ditandai dengan ketidaksinambungan antara pikiran, imajinasi, emosi, dan realita. (*)

Artikel Terkait
Sport
Kyrie Irving Batal Tinggalkan Brooklyn Nets

Sport
Kevin Durant Sudah Tak Betah di Brooklyn Nets

Sport
Netizen Berharap Kyrie Irving dan Russell Westbrook Bertukar Tempat