Sport

Jorge Lorenzo Dilantik Jadi Hall of Fame MotoGP

Tora Nodisa

Posted on April 29th 2022

Foto: MotoGP

Juara dunia MotoGP lima kali, Jorge Lorenzo akan masuk Hall of Fame MotoGP. Upacara penobatan akan dilakukan pada akhir pekan ini, saat GP Spanyol berlangsung. Lorenzo adalah pembalap yang memenangkan 47 balapan MotoGP kelas utama, dan pernah bergabung dengan pabrikan besar yaitu Yamaha, Ducati, dan Honda. 

Mudah untuk mengenali Jorge Lorenzo ketika dirinya meluncur di sirkuit. Atribut yang digunakan biasanya berbeda warna antara kanan dan kiri, yaitu merah dan putih. Kemudian nomor 99 yang digunakannya juga punya penanda khusus, ada tanduk setan kecil sebagai pemanis. Tanda di helm juga mudah dikenali yaitu tanda X yang dilingkari oleh tanda panah. Lalu setelah berhasil menaklukkan sirkuit tersebut, maka Lorenzo akan menancapkan bendera bertuliskan Lorenzo Land. Semua itu kini sudah menjadi kenangan karena Jorge Lorenzo pensiun. Namun pada akhir pekan nanti, Lorenzo akan dinobatkan sebagai Hall of Famer MotoGP. 

Lorenzo adalah juara dunia lima kali, pemenang 47 balapan MotoGP, dan pembalap dengan karakter yang sulit ditiru oleh pembalap lainnya. Setelah menunggu hampir tiga tahun. Pembalap Spanyol itu dipastikan akan dilantik ke dalam Hall of Fame MotoGP. Upacara penghormatan berlangsung di Circuito de Jerez-Angel Nieto, akhir pekan ini. Sirkuit tersebut menjadi tempat debutnya di arena MotoGP pada usia ke-15. Tikungan terakhir di sirkuit tersebut juga diberi nama tikungan Lorenzo. 
Tepatnya, 

Lorenzo adalah salah satu pebalap tersukses sepanjang masa, meraih kemenangan pertamanya pada tahun 2003 dan yang ke-68 pada tahun 2018. Juara 250cc berturut-turut pada tahun 2006 dan 2007. Di awal karirnya sebagai pembalap kelas utama, Lorenzo meraih pole pada balapan MotoGP pertamanya dan menjadi pemenang tiga balapan beruntun. Lorenzo menjadi juara dunia MotoGP kelas utama pada tahun 2010, 2012 dan 2015.

Tiga gelar MotoGP kelas utama diperoleh saat dirinya menjadi pembalap Yamaha. Dia memperoleh 44 kemenangan. Lalu pada tahun 2017, Lorenzo pindah ke Ducati dan naik podium pertama sebanyak tiga kali. Terakhir dia pindah ke Honda sampai memutuskan pensiun pada tahun 2019. Jorge Lorenzo akhirnya akan secara resmi dilantik ke dalam Hall of Fame MotoGP, dan setara dengan legenda-legenda MotoGP lainnya. 

Menariknya dalam acara penobatan Lorenzo, tiga pabrikan besar akan ikut merayakannya, yaitu Yamaha, Ducati, dan Honda. Mereka masing-masing akan memberikan sambutan, dan hadiah istimewa untuk Lorenzo. Namun sampai saat ini ketiga pabrikan tersebut belum menyebutkan hadiah apa yang akan diberikan untuk Lorenzo. (*)

Artikel Terkait
Sport
Nomor 46 Hanya Milik Valentino Rossi, Tak Boleh Dipakai Lagi di MotoGP

Sport
Alex Marquez Bongkar Aib Honda di MotoGP

Sport
Marc Marquez Dukung Pembalap Ducati Jadi Juara MotoGP 2022