Sport

Faktor Ini yang Bikin Golden State Warriors Jadi Favorit Juara NBA

Tora Nodisa

Posted on April 29th 2022

Foto: nba.com

Pada Rabu malam, waktu Amerika Serikat, Golden State Warriors menang 102-98 atas Denver Nuggets. Kemenangan tersebut sekaligus menyingkirkan Nikola Jokic dan kawan-kawan dari persaingan Playoffs NBA 2022 putaran pertama, dengan agregat 4-1. Keberhasilan Warriors menumbangkan Nuggets memperbesar kemungkinan mereka menjadi juara musim ini. Terlihat dari beberapa faktor pendukung yang saat ini ditampilkan tim asuhan Steve Kerr tersebut. 

Warriors mulai mendapatkan semangat bertanding lagi, setelah dua musim terjebak dalam kesulitan. Jangankan tampil di Playoffs, dua musim lalu mereka terpuruk di regular season. Kini di putaran kedua Playoffs NBA 2022, Warriors siap menghadapi pemenang pertandingan antara Minnesota Timberwolves melawan Memphis Grizzlies. Warriors sekarang memiliki peluang untuk memenangkan gelar juara NBA pertama sejak 2018, dan menjadi gelar keempat dalam delapan tahun terakhir bila mereka mendapatkannya. 

Faktor pertama yang bisa dilihat adalah pertahanan. Mereka memainkan pertahanan terbaik, yang pernah diperlihatkan pada tahun 2015, 2017, dan 2018. Selain itu ada permainan transisi yang mematikan, pergerakan bola dan pemain yang aktif di semua ujung lantai. Semua itu bisa didapatkan dengan Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green yang sehat sebagai pusat permainan tim. Sementara pemain pendukungnya juga tampak sempurna, yaitu Jordan Poole, Gary Payton II, dan Andrew Wiggins. 

Mungkin dari semua pemain yang disebutkan di atas, nama Klay Thompson paling disoroti. Setelah dua tahun absen, Klay tampak bermain seperti dirinya sebelum cedera. Pada Playoffs NBA 2022 putaran pertama melawan Nuggets, Klay mencetak rata-rata 22,6 ppg, dengan akurasi tembakan 50,6 persen dari dalam busur, dan 45,8 persen dari jarak three point. Sementara itu, Curry sendiri mencetak 28,0 ppg dengan 50,0 persen dari tembakan three point. Kombinasi "Splash Brother" ini kembali ditunjukkan di tahun 2022. 

Faktor-faktor dari dalam Warriors sendiri tidak cukup untuk membuat mereka bisa meraih kemenangan. Harus ada faktor dari luar. Kali ini justru yang muncul adalah badai cedera yang dialami tim-tim lawan. Brooklyn Nets sudah gugur, Phoenix Suns punya Devin Booker yang tidak sehat, sedangkan juara bertahan Milwaukee Bucks tampaknya bakal kesulitan di Playoffs setelah kabar Khris Middleton cedera. Satu-satunya lawan yang pantas disandingkan dengan Warriors adalah Boston Celtics. 

Celtics dianggap sebagai lawan paling realistis bagi Warriors di Final NBA 2022. Sebab, Marcus Smart sebagai penjaga, punya kemampuan untuk menyulitkan Stephen Curry. Sebaliknya, Draymond Green cukup masuk akal bila diminta menjaga Jayson Tatum. Jika prediksi ini benar, maka Warriors dan Celtics berpeluang menjadi partai puncak di NBA musim 2021-22. (*)

Artikel Terkait
Sport
Stephen Curry Dalam Mode Playoffs

Sport
Head-to-Head Golden State Warriors Vs. Boston Celtics

Sport
Cerita Stephen Curry yang Hampir Diaborsi Ibunya