Lifestyle

Awas Kalap Saat Lebaran! Lakukan Hal Ini Agar Tetap Sehat Saat Idul Fitri

Dwiwa

Posted on April 27th 2022

Ada begitu banyak makanan lezat tersaji saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Godaan ini sering membuat banyak orang jadi kalap dan makan lebih banyak dari yang seharusnya. Ditambah lagi, mayoritas makanan yang disajikan saat lebaran seperti semur daging, opor ayam, dan aneka kue kering lain mengandung banyak lemak, minyak dan gula.

Padahal nih, kandungan bahan tersebut jika dikonsumsi terlalu banyak punya dampak buruk loh buat kesehatan. Lantas bagaimana cara kita agar tetap bisa mengendalikan diri agar tidak kalap makan saat lebaran nanti?

Dilansir dari laman UGM, Ahli Gizi UGM, Dr. Toto Sudargo, M.Kes., menjelaskan pengendalian diri saat lebaran perlu dilakukan. Itu termasuk dalam mengatur konsumsi makanan. Hal ini perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat.

Toto mengatakan puasa Ramadhan mengajarkan kita untuk menjalani gaya hidup sehat. Sebab, ketika puasa kita tidak hanya mengendalikan emosi saja tetapi juga ada upaya pengendalian dalam mengatur kebiasaan makan.

“Saat puasa kita tidak makan selama kurang lebih 12-13 jam. Ini memberikan kesempatan atau memanjakan organ pencernaan untuk beristirahat,” jelasnya, Selasa (26/4).

Dia menambahkan, ketika momen lebaran kita sering dimanjakan dengan aneka hidangan yang berlemak, bersantan, serta tinggi gula. Kita juga cenderung kalap makan saat lebaran setelah menjalani ibadah puasa selama 1 bulan. Sejumlah penyakit pun siap mengintai di kemudian hari jika hal ini tidak dikendalikan.

Untuk bisa terhindar dari hal tersebut, Toto memiliki sejumlah kiat agar bisa menjalani lebaran dengan lebih sehat. Salah satunya, batasi porsi makan dengan mengonsumsinya dalam porsi kecil.

“Silahkan untuk makan apa saja saat lebaran mau lemak, karbohidrat, gula dan lainnya. Namun yang penting secukupnya atau sedikit-sedikit saja,” jelas Dosen Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM tersebut.

Kemudian, imbangi dengan konsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayur. Mengonsumsi makanan kaya serat akan membantu dalam mengikat lemak dalam makanan. “Buah tidak buat eneg dan juga mengandung gula kompleks sehingga lebih aman,”imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, olahraga atau aktivitas fisik untuk membakar kalori juga perlu dilakukan. Lakukan aktivitas fisik secara rutin selama 30 menit setiap hari. Jangan lupa untuk tetap makan sesuai jam makan ya, yakni 3 kali sehari. Dengan begitu asupan kalori yang masuk bisa tetap kita jaga.

 

Foto: Pixabay

 

Artikel Terkait
Interest
Mau Mudik Pakai Motor? Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan

Interest
Khawatir Kolesterol Naik Saat Lebaran? Coba 5 Buah Ini Untuk Mengatasinya

Current Issues
Biar Nggak Kena Macet, Cek Prediksi Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Ini