Current Issues

Tes Covid-19 Makin Turun, WHO Sebut Dunia "Buta" Terhadap Pola Penularan

Dwiwa

Posted on April 27th 2022

Kasus Covid-19 di dunia telah mengalami penurunan dalam beberapa minggu terakhir. Tetapi sepertinya kita tidak boleh merasa lega atau bangga. Sebab, di saat yang sama tingkat pengujian Covid-19 juga turut mengalami penurunan.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa pun mendesak negara-negara untuk tetap mempertahankan pengawasan terhadap infeksi virus Corona. Dia mengatakan dunia semakin "buta" terhadap bagaimana virus itu menyebar karena penurunan tingkat pengujian.

“Karena banyak negara mengurangi pengujian, WHO semakin sedikit menerima informasi tentang penularan dan urutannya,” kata Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers di markas besar badan PBB di Jenewa seperti dilansir dari Reuters. "Ini membuat kita semakin buta terhadap pola penularan dan evolusi."

Bill Rodriguez, kepala eksekutif FIND - sebuah kelompok bantuan global yang bekerja dengan WHO untuk memperluas akses ke pengujian, mengatakan tingkat pengujian telah anjlok 70 hingga 90 persen.

“Kita sebelumnya mempunyai kemampuan yang belum pernah dimiliki sebelumnya untuk mengetahui apa yang terjadi. Namun saat ini, karena pengujian telah menjadi korban pertama dari keputusan global untuk menurunkan kewaspadaan, kita menjadi buta terhadap apa yang terjadi dengan virus ini,” ujarnya.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Covid-19 Disebut WHO 10 Kali Lebih Mematikan Dari Flu Babi

Current Issues
Sebut Covid-19 Sebagai "Flu Ringan", Presiden Brazil Bolsonaro kini Positif

Current Issues
WHO : Jalan Melawan Covid-19 Masih Panjang dan Terjal