Current Issues

Tips Mudik Nyaman Bersama Hewan Peliharaan

Dwiwa

Posted on April 26th 2022

 

Bagi sebagian dari kita, meninggalkan hewan peliharaan di rumah selama mudik sering menjadi hal yang tidak mudah. Tidak jarang, kita memiih untuk membawa serta hewan peliharaan selama mudik karena khawatir hewan kesayangan kesepian atau tidak terurus di rumah.

Tetapi membawa hewan peliharaan saat mudik bukan perkara yang mudah loh. Pasalnya, sama seperti manusia, hewan juga dapat mengalami kelelahan dan stres selama perjalanan berlangsung.

Dilansir dari laman Unair News, praktisi klinik Universitas Airlangga (Unair) drh Triganita Intan Solikhah M Si menjelaskan bahwa hewan yang mengalami stres dalam perjalanan akan mengalami beberapa gejala. Di antaranya adalah diare, mual, muntah, pipis sembarangan, hingga lemas.

Nah, untuk menghindari terjadinya stres pada hewan peliharaan selama perjalanan, dokter yang akrab disapa Intan ini memiliki beberapa tips yang bisa kamu coba.Tips-tips berikut akan membantu membuat mudik kalian tetap nyaman meski membawa hewan peliharaan.

 

Mudik Malam Hari

Menurut Intan, untuk menghindari kondisi panas yang membuat hewan gelisah dan tidak nyaman, para pemudik bisa memilih melakukan perjalanan malam hari. Hal ini terutama jika kalian membawa kucing, karena hewan berkaki empat ini sensitif pada suhu di siang hari.


Istirahat 2 Jam Sekali

Sama seperti manusia, perjalanan yang lama bisa membuat kondisi tubuh hewan peliharaan menjadi lelah dan stres. Karena itu, penting untuk mengambil waktu istirahat baik untuk dirinya sendiri maupun hewan yang dibawa.

“Solusi mengatasi stres, yaitu dengan maksimal perjalanan 2 jam. Kemudian, diistirahatkan di tempat yang nyaman,” tambahnya.

 

Berikan Vitamin dan Vaksin

Hal yang juga tidak boleh diabaikan adalah menjaga daya tahan tubuh dari hewan kesayangan selama perjalanan. Karena itu, pemberian vitamin dan vaksin menjadi sangat vital bagi hewan peliharaan. Intan mengatakan jika pemberian vitamin dan vaksin sebaiknya jauh sebelum perjalanan dilakukan agar mereja terhindar dari stres.

 

Kirim Lewat Cargo

Nah, jika kalian ingin mengajak hewan kesayangan pulang kampung tetapi tidak mungkin membawanya langsung, pengiriman lewat kargo bisa menjadi solusi. Hal ini tentu bisa memberikan kenyamanan dan penangan yang tepat pada hewan.

“Hewan juga dapat dikirimkan menggunakan layanan kargo khusus hewan. Baik itu lewat udara maupun darat,” tandasnya.

 

Selain itu, jika kalian khawatir meninggalkan hewan peliharaan di rumah, dosen SIKIA Banyuwangi itu menyarankan para pemudik untuk memanfaatkan layanan pet care. Misalnya, penitipan hewan sebagai alternatif utama bagi hewan peliharaan mereka.

“Jika perjalanan hanya 3-7 hari sebaiknya hewan peliharaan dititipkan saja pada layanan penitipan hewan. Khusunya yang memiliki dokter hewan jaga di dalamnya. Kecuali memang terpaksa dan lama,” pungkasnya.(*)

Foto: Pexel/Helena Lopes

Artikel Terkait
Current Issues
Biar Nggak Kena Macet, Cek Prediksi Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Ini

Current Issues
Nyetir Sendiri Saat Mudik? Coba Tips Anti Ngantuk Berikut ini

Interest
Mau Mudik Pakai Motor? Hal Ini Wajib Kamu Perhatikan