Sport

Fabio Quartararo Selamatkan Muka Pabrikan Jepang

Tora Nodisa

Posted on April 26th 2022

Foto: MotoGP.com

Pembalap tim Monster Energy Yamaha Fabio Quartarao menjadi juara di GP Portugal akhir pekan lalu. Meski sudah terlambat untuk membahas hasil pertandingan, namun ada hal penting yang patut jadi sorotan. Kemenangan Quartararo ternyata menyalamatkan muka pabrikan motor Jepang. Sebab dalam empat race di musim 2022 ini dikuasai pabrikan Eropa. 

Balapan di Autodromo Internacional do Algarve, Portugal ini menjadi momen paling agresif Quartararo di MotoGP. Pembalap Prancis tersebut meraih kemenangan pertamanya musim ini, dengan mendominasi balapan setelah menyalip Alex Rins di lap pertama. Setelah meraih posisi terdepan, Quartararo sangat agresif sehingga tidak tersusul hingga finis. 

"Ini pertama kalinya saya begitu agresif sejak lap pertama, tapi itu harus dilakukan," kata Quartararo. "Saya senang, saya tidak melakukan kesalahan apapun dalam balapan, tapi jika kami berada di belakang Ducati, kami akan kesulitan."

Itulah pengakuan Quartararo yang secara tidak langsung menyinggung hasil empat race sebelumnya, di mana motor-motor pabrikan Eropa sangat sulit ditaklukkan. Sementara Yamaha, Honda, dan Suzuki tampak kesulitan mengimbangi Ducati dan Aprilia. 

Pada balapan perdana di Qatar, Enea Bastianini yang menunggangi Ducati Desmosedici GP 21 berdiri di podium teratas. Kemudian Aleix Espargaro dengan Aprilia mampu menjuarai GP Argentina. Di Indonesia Ducati kembali menunjukkan tajinya, dan di GP Amerika Serikat, Aprilia menjadi yang pertama. Tentunya ini membuat pabrikan Jepang gerah. 

Belum lagi soal isu keretakan Yamaha dengan Quartararo, lalu minggu lalu ada kabar soal Marc Marquez yang merasa bahwa motor Honda RC213V tidak kompetitif lagi. Semua berita tersebut semakin membuat pabrikan-pabrikan Jepang terpojok. Namun pada akhirnya kemenangan Quartararo di Portugal menjadi penyemangat bagi mereka. 

"Saya sangat senang karena saya mendapatkan kemenangan pertama saya musim ini, dan itu yang paling penting bagi saya. Itu adalah awal yang sangat rumit. Ketika Anda adalah seorang juara dunia dan Anda finis kesembilan di Qatar, ketujuh di Austin, itu berjalan buruk di Argentina… yah, Anda senang ketika kemenangan datang," ungkap Quartararo. "Yang penting adalah jangan pernah menyerah. Saya selalu bertarung sampai akhir, tetapi ketika Anda memiliki posisi pertama, rasa kemenangan jauh lebih baik."

Kembalinya Quartarto menjadi juara membuatnya naik ke peringkat pertama klasemen pembalap MotoGP 2022. Di bawahnya ada Alex Rins yang sama-sama punya 69 poin. Sementara di kuarter ketiga ada Aleix Espargaro dengan 66 poin. (*)

Artikel Terkait
Sport
Hasil MotoGP: Joan Mir Lempar Handuk, Zarco-Miller Dekati Quartararo

Sport
Yamaha Raih Dua Kemenangan di ”Kandang” Ducati

Sport
Fabio Qaurtararo Kukuh di Puncak Klasemen Setelah Menang di GP Barcelona