Tech

Yamaha Punya Motor Listrik Yamaha E01, Spesifikasi dan Fiturnya Keren!

Mainmain.id

Posted on April 24th 2022

KEHADIRAN kendaraan listrik di Indonesia makin banyak modelnya. Tak sekadar mobil, namun beberapa pabrikan sepeda motor juga mulai agresif mengenalkan kendaraan listik. Seperti salah satunya PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang resmi memperkenalkan Yamaha EV Model E01 di Indonesia.

Yamaha EV E01 sebelumnya pernah diperkenalkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Lewat konferensi pres di Head Office PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Pulogadung Jakarta Timur, 22 April 2022 lalu, E01 resmi diperkenalkan ke publik.

“Ini adalah "Proof of Concept" untuk menjawab tantangan EV Yamaha di Indonesia ke depan,” kata Minoru Morimoto, President Director & CEO PT. YIMM.

E01 dilengkapi dengan semua fungsi yang diharapkan dari skuter kelas 125cc. Performa kendaraan ini cocok untuk mobilitas jarak pendek hingga menengah (komuter). 

Desain kendaraan ini futuristik. Mengadopsi fixed battery yang bisa di charge dimanapun sesuai keinginan konsumen dengan tiga tipe sistem charging. Yakni, fast charging, normal charging, dan portable charging

E01 juga dilengkapi fitur canggih yang bisa terhubung ke smartphone.

Yamaha sengaja melakukan market test E01 untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait pengembangan kendaraan berbasis listrik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. 

Nantinya konsumen akan diberikan kesempatan untuk mencoba E01, yang akan dimulai pada semester 2 tahun ini dalam Proof of Concept Project Yamaha.

Yamaha sendiri bukan pemain baru di teknologi kendaraan listrik. Perjalanan pengembangan teknologi kendaraan listrik Yamaha yang dimulai dengan munculnya Yamaha Power Assist System (PAS) e-bike di tahun 1993. 

Setelah itu inovasi Yamaha terus berkembang lagi menghasilkan sepeda motor listrik ditandai dengan kehadiran Yamaha Passol pada 2002, Yamaha EC-02 (2005), Yamaha EC-03 (2010), E-Vino (2014), Yamaha EC-05 (2019), Yamaha EMF (2022), hingga Yamaha E01 (2022).

”Tantangan Yamaha dalam mengembangkan EV telah dimulai di tahun 2002 dengan model pertama yang diberi nama "Passol",” ujar Minoru.

“Sejak saat itu kami telah menjual sebanyak 6 model EV ke pasar global yang tercatat dalam sejarah Yamaha,” tambahnya.

“Dan saya dengan bangga ingin mengatakan sebuah fakta bahwa Yamaha adalah perusahaan paling berpengalaman dengan teknologi baterai melalui sepeda PAS (Power Assist System) kami,” ungkapnya.

“Hingga saat ini Yamaha telah berpengalaman memasok lebih dari 5 juta unit electrical power assist untuk sepeda secara kumulatif ke pasar dunia dalam sejarah panjang kami,” jelas Minoru.

Minoru Morimoto juga menambahkan mengenai pengembangan sepeda motor listrik Yamaha di Indonesia yang saat ini dilakukan masih sebatas test market. 

”Sayangnya, kami belum menjual model EV di Indonesia, namun kami telah melakukan test market dengan E-Vino. Dan kami perkenalkan juga E01 di IIMS 2022 untuk melihat peluang terkait model ini,” terangnya.(*)

Artikel Terkait
Tech
Volkswagen Mulai Bangun Pabrik Baterai EV Tahun Depan

Tech
Startup Ini Pakai Sistem EV Charging Tukar Baterai, Pengisian Hanya 10 Menit

Tech
Sony Pamer SUV, Mulai Bisnis Mobil Listrik dengan ‘Sony Mobility Inc.’