Esports

MABAR Gamechanger, Program yang Bisa Bikin Ortumu Kasih Izin Tekuni Esports

Mainmain.id

Posted on April 22nd 2022

Kalian pernah gak sih menghadapi barrier dari orang tua ketika berhasrat menekuni dunia esports? Mereka khawatir karena berkembangnya berbagai stigma negatif tentang esports.

Nah, jika kalian termasuk yang mengalami itu, program MABAR Gamechanger ini bakal bisa membantumu. Kok bisa?

Begini ceritanya. Jadi, MABAR Gamechanger ini merupakan sebuah program yang digagas oleh platform gaming khusus student-athlete MABAR.com. Mereka berkolaborasi dengan lima kampus-kampus top Indonesia mengadakan program sosial bernama MABAR Gamechanger.

Lima universitas yang terlibat melalui program esportsnya itu adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Teknologi Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Sesuai namanya, MABAR Gamechanger bertujuan untuk mengubah berbagai perspektif dan stigma negatif mengenai esports yang berkembang di masyarakat.

“Stigma kurang tepat itu ada karena kurangnya pemahaman mengenai esports atau gaming kompetitif. Justru, berbagai kekhawatiran itu bisa diatasi dengan melibatkan murid ke esports. Sehingga mereka justru bisa mengembangkan soft skill dari gaming. Ini akan benar-benar berbeda,” ujar Aziz Hasibuan, CEO dan Co-Founder MABAR.

Dari hasil pengamatan MABAR, kekhawatiran orang tua dan sekolah terkait gaming yang paling utama adalah terkait ketagihan. Lalu, munculnya sifat individualistis dan agresif.

“Dengan pendekatan esports, hal seperti ini justru bisa diatasi. Sebab, esports bersifat kompetitif. Dalam menjalankan tim esports sekolah, banyak peran terlibat agar murid menjalankan nilai-nilai positif student athlete,” ujarnya.

Melalui program MABAR Gamechanger, setiap kampus yang terlibat membuka kesempatan bagi siswa SMA untuk belajar mengenai pengembangan esports secara gratis.

Di awal, para mahasiswa di lima kampus itu akan mengajak pelajar SMA mengadakan Esports Tryout di sekolahnya. Game yang digunakan adalah Mobile Legends.

“Kami melihat Mobile Legends adalah game yang paling banyak dimainkan pelajar SMA dan bersifat inklusif. Makin inklusif, kami berharap ini akan memotivasi semakin banyak murid dari berbagai wilayah di Indonesia untuk mengembangkan diri,” ujar Jonathan Hoo, Growth Head MABAR.

“Esports Tryout ini akan mempertandingkan murid satu SMA. Dari sini, kami bisa melihat calon-calon Gamechanger SMA yang bisa menggerakkan temannya dalam menjadi student athlete, bukan sekedar jadi gamers,” tambah Jonathan. Keren kan? program ini bisa bikin ortumu auto setuju kalian menekuni esports.

Presiden UI Esports dari Universitas Indonesia Aurelle Khadeeja Rizani, menyebutkan misi utama yang dibawa program MABAR Gamechanger adalah mengangkat nilai utama, bahwa student athlete punya kewajiban mengutamakan perannya sebagai student. Baru mereka menekuni esports sebagai athlete.

“UI Esports memiliki visi yang sama dengan MABAR yaitu menanamkan jiwa Student Athlete pada anggotanya. Rata-rata IPK anggota kami adalah 3,5 atau Cumlaude. Mereka terus kami menjaga keseimbangan akademik dan esports," kata Aurelle yang merupakan salah satu juara Mahasiswa Berprestasi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia.

Tahun ini prestasi Aurelle dan UI Esports semakin menonjol dan banyak yang mewakili Indonesia ke kancah internasional. "Tim kami pernah mewakili Indonesia untuk bertanding di kompetisi esports universitas kelas dunia di Tiongkok,” jelas Aurelle.

Selain program Esports Tryout, sebagai bagian dari rangkaian program ini, para pelajar juga bisa mengasah kemampuannya dengan mengikuti MABAR High School Tournament. Sebuah turnamen yang diadakan di 10 provinsi di Indonesia.

Turnamen ini bertujuan memberikan panggung seluas-luasnya khusus student-athlete SMA. Tim terbaik tiap provinsi kemudian akan bertanding di MABAR National Championship, memperebutkan gelar National Champion.

Bagaimana berminat? Langsung saja ikuti turnamennya secara gratis dengan daftar lewat website mabar.com.(*)

Artikel Terkait
Esports
Hasil M2 2021: Burmese Ghouls Kalahkan RRQ Hoshi, Jalan ke Final Lebih Terjal

Esports
Hasil MPL ID S9: Aura Esports Kandaskan Juara Bertahan, Onic Esports

Esports
Skin Lancelot Edisi Bren Esports Segera Dirilis