Lifestyle

6 Ciri-Ciri Hubungan yang Mengarah ke Toxic Relationship, Cek Tandanya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 21st 2022

Siapa nih yang lagi in relationship? Buat kalian yang lagi menjalin hubungan romantis, pasti terkadang menemui tantangan dong. Nah, tapi kalau kamu merasa hubunganmu mulai gak sehat, coba cek ciri-ciri hubungan yang mengarah jadi toxic seperti yang dilansir Psychology Today.

Terus muncul konflik karena ada perasaan terhina

Kalau kita sering merasa sakit hati dan terhina karena ucapan pasangan kita, evaluasi lagi deh hubungan kalian. Apalagi kalau ungkapan yang menghina itu diucapkan dengan sengaja buat menyakiti.

Menyepelekan hal yang penting bagi kita

Pasangan sudah seharusnya menghargai nilai dan hal-hal penting yang kita pegang. Kalau si doi mulai menganggap remeh atau bahkan menjelekkan hal penting yang kita punya, mulai hati-hati ya.

Mengejek jadi lelucon

Memang ada sih pasangan yang suka banget mengejek satu sama lain, tapi konteksnya bercanda. Namun, kalau mengejek ini nadanya serius dan bikin salah satu pihak sakit hati, tapi tetap diteruskan, kemungkinan besar ada yang salah dalam hubungan.

Membayangkan jika berhubungan dengan orang lain

Kalau ada pihak dalam pasangan yang sering membayangkan dirinya menjalin hubungan dengan orang lain yang bukan pasangannya, itu waktu yang pas banget buat mengevaluasi hubungan. Kalau hubungannya baik-baik aja, gak mungkin ada skenario seperti itu muncul di kepala.

Mulai malas menghabiskan waktu bersama

Perhatikan perasaanmu ketika bertemu si doi. Apakah kamu masih merasa senang atau justru terbebani? Kalau kehadiran pasangan justru membuatmu merasa nggak nyaman, berarti ada yang kurang baik dalam hubunganmu.

Memanfaatkan rasa bersalah

Kalau pasanganmu mulai memakai rasa bersalah sebagai senjata, mulai waspada deh. Sadari apakah ia sering memakai rasa bersalah untuk membuat kita merasa nggak enak menolak permintaan kita. Perhatikan juga apakah pasangan mulai melakukan gaslighting.

Nah, itu dia beberapa ciri-ciri hubungan yang akan mengarah pada toxic relationship. Kalau kalian merasa hubungan kalian baik-baik saja, cek di sini buat cari tahu ciri-ciri hubungan sehat. (*)

 

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Merusak Hubungan dan Perlu Segera Diubah

Lifestyle
5 Sifat Seseorang yang Patut Dihindari saat Nge-Date, Pertanda Red Flags

Lifestyle
5 Prinsip yang Harus Kamu Pegang saat Berpacaran biar Langgeng