Sport

Air Jordan 1 Tampil Beda dengan Edisi SP Utility

Tora Nodisa

Posted on April 20th 2022

Foto: nike.com

Air Jordan 1 sudah terbentuk menjadi sepatu yang melawan keterbatasan, sejak dibuat tahun 1985 silam. Sepatu ini pernah dilarang oleh NBA, namun takdir membawanya menjadi ikon budaya sneakers dunia. Kali ini pihak Nike mencoba untuk membuat inovasi baru. Di media sosial, tiba-tiba muncul foto-foto Air Jordan 1 SP Utility "Shadow Black" yang bentuknya sedikit berbeda dari biasanya. 

Biasanya Air Jordan 1 dibuat dengan panel kulit premium, dan hanya bermain warna saja. Secara garis besar desain tidak pernah diubah. Tetapi kali ini Nike memberanikan diri untuk tampil beda. Seluruh lapisan sepatu dibuat dari material tahan air. Uniknya ada semacam tas kecil yang disematkan pada bagian tumit. 

Untuk detailnya, desainer Peter Moore masih mempertahankan tradisi lama, yaitu logo Swoosh di samping, dan tak lupa ada lambang Wing MJ yang ikonik. Untuk menambah kesan bergaya militer, ada kantung kecil dibagian tengah yang hampir tidak terlihat karena menyatu dengan bagian sepatu. Sementara untuk warnanya dominan hitam dan ada sedikit ornamen tali berwarna merah. 

Saat ini yang muncul hanya foto-foto detailnya saja. Nike belum mengeluarkan berita kapan akan dirilis. Meski sejumlah portal berita sneakers memperkirakan bakal rilis tahun 2022. Tapi banyak juga yang menyebutkan kalau sepatu ini baru naik produksi tahun ini, dan bakal dirilis tahun depan. Setidaknya dengan kemunculan foto-foto sepatu tersebut, maka kalian bisa menabung dulu agar bisa membeli sepatu ini kalau sudah rilis. 

Faktanya, Jordan Brand membuat edisi Utility ini sejak tahun 2018. Mereka punya penggemar tersendiri. Meski kalau dilihat dari segi harga, Air Jordan 1 berlabel Utility tersebut lebih mahal dari biasanya. Para pengamat berharap bahwa Nike kali ini menurunkan harganya di kisaran AS$200 atau setara dengan 2,8 juta rupiah. Namun mereka tidak menjamin bahwa harga tersebut bisa naik beberapa kali lipat ketika tiba-tiba Nike membuat stok terbatas. (*)

Artikel Terkait
Sport
Kisah Kontrak Nike dan Michael Jordan Diangkat ke Layar Lebar

Lifestyle
Nike AJ "Chicago", Signature Shoes Pertama Michael Jordan Dilelang Online

Lifestyle
Penawaran Lelang Air Jordan Edisi Perdana "Chicago" Sudah Pecahkan Rekor