Current Issues

Anak-anak dan Remaja Boleh Mudik Tanpa PCR dan Antigen, Ini Syaratnya

Dwiwa

Posted on April 19th 2022

Ada kabar baik nih buat anak-anak dan remaja yang berencana ikut mudik lebaran tahun ini. Pasalnya, pemerintah memberikan kelonggaran kepada pemudik berusia kurang dari 18 tahun, yakni tidak harus melakukan tes Covid-19 asalkan sudah divaksinasi penuh.

Dilansir laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, hal itu disampaikann Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara virtual di Istana Negara, Jakarta, Senin (18/4).

“Kita memang mensyaratkan vaksinasi booster bagi pemudik, tapi ini berlaku bagi pemudik usia di atas 18 tahun,” kata Menkes Budi.

Dia menambahkan keputusan tersebut diambil oleh Presiden RI Joko Widodo bahwa untuk anak-anak di bawah usia 18 tahun tetap bisa mudik tanpa harus melakukan tes PCR maupun Antigen.

“Anak-anak, remaja kalau mau mudik belum di-booster nggak apa-apa, tidak usah dites antigen dan PCR. Jadi bisa mendampingi orang tuanya untuk mudik tanpa perlu tes PCR atau antigen asal vaksinasi nya sudah 2 kali,” ucap Budi.

Sebagai informasi, berdasarkan survey Kementerian Perhubungan RI menyebutkan akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan oleh pemudik. Dengan jumlah tersebut diperkirakan akan terjadi kemacetan parah.

Puncak mudik lebaran diprediksi terjadi pada tanggal 28 sampai 30 April 2022. Karena itu, pemerintah menyarankan agar mudik sebelum tanggal tersebut bila sudah libur dari tempat kerja masing-masing. Masyarakat juga diimbau untuk tetap pakai masker dan disiplin protokol kesehatan. (*) 

 

Foto: Pexels/Greenvalley

Related Articles
Current Issues
Lebaran 2022 Boleh Mudik, Tapi Ini Deretan Syarar yang Harus Dipenuhi

Current Issues
Amerika Sahkan Rapid Test Covid-19 Pertama untuk di Rumah, Cuma Butuh 20 Menit

Current Issues
Pulang Mudik, Pemerintah Sarankan Masyarakat Lakukan Tes Covid-19 Mandiri