Tech

WhatsApp Rilis Fitur Sembunyikan Last Seen dari Kontak Tertentu

Jingga Irawan

Posted on April 17th 2022

Menyembunyikan “last seen” atau “terakhir dilihat” di WhatsApp bisa menjadi cara ampuh untuk menghindar dari orang yang menganggu kalian saat liburan. Tetapi fitur tersebut jika diaktifkan akan berlaku bagi seluruh kontak, nggak hanya orang tertentu.

Nah sekarang, dengan rilis beta terbaru untuk aplikasi iOS-nya, WhatsApp telah menambahkan opsi bagi pengguna untuk memilih kontak tertentu yang nggak bisa melihat status last seen kalian, menurut WABetaInfo.

WhatsApp iOS versi beta 22.9.0.70 menambahkan bagian "Kontak Saya Kecuali..." baru di tempat pengaturan privasi last seen dari aplikasi. Artinya, kalian bisa melarang orang tertentu melihat status last seen kalian, bukan semua kontak.

Status last seen WhatsApp merupakan fitur yang menunjukkan kapan seseorang terakhir kali membuka aplikasi. Status tersebut bisa menjadi cara untuk menduga apakah lawan chat kita berpotensi melihat pesan yang kita kirim meskipun tanda dua centang biru dimatikan.

Saat ini, WhatsApp memang sudah mengizinkan pengguna membatasi siapa yang bisa melihat status last seen mereka. Namun pilihannya hanya ada tiga: Kontak Saya, Semua Orang, atau Tak Satupun. Pilihan untuk menyembunyikan last seen, termasuk kontak, hanya ada pada “Tak Satupun.”

WhatsApp juga menerapkan kontrol privasi serupa untuk foto profil dan bagian “about.” Karena fitur yang sekarang dalam pengujian beta di Android dan iOS, kemungkinan nggak akan lama lagi tersedia secara resmi di WhatsApp.(*)

Related Articles
Tech
WhatsApp Bakal Izinkan Pengguna Mengenskripsi Backup Chat di Cloud

Tech
Awas, Jutaan Ponsel Bakal Kehilangan Akses WhatsApp Mulai 1 Januari

Tech
Begini Cara Mudah Kirim Pesan Terjadwal WhatsApp di Android dan iOS