Lifestyle

5 Hal Terkait Emosi yang Harus Kalian Hindari buat Menjaga Hubungan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 16th 2022

Menjalin hubungan bukan hal yang mudah. Buat kamu yang lagi in relationship, pasti ada kalanya menghadapi tantangan karena diri sendiri atau pasangan lagi didominasi emosi. Nah, simak hal-hal berikut ini yang harus kamu hindari ketika berhadapan dengan emosi, seperti yang dilansir Psychology Today.

Menyembunyikan perasaan

Alasan paling umum kita menyembunyikan perasaan terutama perasaan negatif kita adalah takut akan reaksi orang lain. Nah, ini harus dihindari karena menahan emosi bisa berdampak jangka panjang. Bisa aja emosi tersebut meledak di satu waktu karena nggak bisa lagi ditahan.

Tidak memedulikan emosi

Mungkin kita secara nggak sadar sering melupakan emosi kuat yang kita rasakan dan terus menjalani kegiatan seperti biasa. Sebenarnya ini juga bentuk menahan emosi dan dampak jangka panjangnya bisa berbahaya.

Melawan emosi negatif dengan quotes “positif”

Nggak ada salahnya memang melihat quotes positif. Namun, hati-hati dengan toxic positivity, dorongan untuk selalu merasa positif yang seakan melarang kita buat merasakan emosi negatif. Untuk menghadapi emosi negatif, justru kita harus menerima keberadaannya, bukan denial dan menggempur emosi tadi dengan quotesgood vibes only” atau berusaha terus tersenyum.

“Bersyukur!”

Gak ada salahnya juga buat bersyukur. Yang kurang tepat adalah kalau kita menganggap enteng emosi negatif kita atau orang lain dengan kalimat, “Bersyukur aja deh, keadaan bisa lebih buruk. Untung aja….” Kalimat tersebut adalah bentuk tidak menghargai emosi negatif dan membuat seseorang jadi ragu buat menerima emosi negatif.

Mempermalukan seseorang yang merasakan emosi negatif

“Masa sudah besar masih menangis?” “Masa laki-laki cengeng?”

Kalimat-kalimat tersebut sering banget kita dengar dan dampaknya bisa berbahaya lho. Orang yang justru dipermalukan ketika merasakan emosi negatif lama-kelamaan akan sulit buat mengekspresikan emosi mereka.

Pada akhirnya mereka mengalihkan emosi dengan cara yang salah. Korban paling banyak memang laki-laki. Nggak heran kalau mereka juga kaum yang paling sering merokok, terjebak dalam penggunaan alkohol, hingga melakukan kekerasan dalam rumah tangga. Semua ini berawal dari satu kalimat sederhana, “Laki-laki gak boleh cengeng!”

Nah, itu dia beberapa hal terkait emosi yang harus dihindari. Emosi negatif  itu ada buat menyeimbangkan hidup kita, jadi seharusnya diterima seperti halnya emosi positif.(*)

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Related Articles
Lifestyle
5 Tips Menghargai Emosi Tanpa Merasa Kewalahan, Biar Hidup Makin Tenang

Lifestyle
6 Cara Seseorang Menghindari Emosi, Gak Sadar Sering Dilakukan

Lifestyle
7 Kebiasaan yang Secara Gak Sadar Dijadikan Cara Menyembunyikan Emosi