Interest

Mulai Bingung Mau Buka Pakai Apa? Jajanan Khas Ramadan di Indonesia Bisa Dicoba

Dwiwa

Posted on April 15th 2022

Ada yang sudah mulai bingung mau buka pakai apa di puasa yang hampir memasuki minggu ketiga ini? Atau mungkin bosan dengan jajanan buka yang itu-itu saja? Jika demikian, maka aneka jajanan khas Ramadan dari berbagai daerah berikut mungkin bisa menjadi pilihan.

Masing-masing dari jajanan khas Ramadan ini memiliki cita rasa yang berbeda-beda dan cocok menjadi santapan ketika berbuka. Beberapa di antaranya mungkin akan sulit ditemui selain bulan puasa.

Lalu, apa saja jajanan khas Ramadan di Indonesia? Dilansir situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia, berikut beberapa camilan khas bulan puasa dari berbagai daerah yang perlu kamu coba.

 

1. Kolak

Kalau camilan yang satu ini pasti sudah sangat akrab di telinga kita. Meski sudah banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia, kolak sebenarnya berasal dari Sumatera Barat.

Makanan ini memiliki cita rasa manis gurih. Kolak merupakan perpaduan dari pisang kepok dan ubi yang direbus dalam campuran kuah santan, gula merah, cengkeh, dan daun pandan.

Variasi lain yang juga sering ditemui saat Ramadan adalah kolak biji salak. Berbeda dengan kolak pisang, kolak ini dibuat dari ubi jalar yang dibentuk bulat kemudian dicampur dengan tepung tapioka.

 

2. Toge Penyabungan

Kuliner khas Ramadan dari Mandailing Natal, Sumatera Utara ini mungkin terdengar asing ditelinga kita. Toge penyabungan merupakan minuman yang dibuat dari campuran ketan merah, ketan biasa, tape, candil, dan lupis yang dipadukan dengan santan, gula merah cair, serta cendol. Rasanya yang manis sangat cocok untuk santapan berbuka.

 

3. Bongko Kopyor

Bagi orang Gresik, Jawa Timur, kuliner ini mungkin sudah tidak asing lagi. Makanan yang juga dikenal dengan bubur nangka dan kelapa kopyor ini terbilang cukup unik. Untuk membuatnya, kalian perlu mencampurkan bubur mutiara, nangka, roti tawar, kelapa muda, pisang serta kuah santan.

Umumnya, jajanan ini akan dibungkus dengan daun pisang sebelum dikukus. Aroma daun pisang yang tercampur membuat bongko kopyor jadi terasa lebih nikmat.

 

4. Kue Bingke

Jika kalian jalan-jalan ke Pontianak, Kue Bingke mungkin akan lebih mudah ditemukan saat Ramadhan. Kue berbentuk seperti bunga ini memiliki tekstur lembut dengan citarasa gurih manis. Sangat pas disantap saat waktu buka tiba.

 

5. Mi Glosor

Buat kalian yang tidak terlalu suka manis, mi glosor mungkin bisa menjadi pilihan pas untuk takjil. Kuliner khas bogor ini memiliki cita rasa yang gurih. Karena terbuat dari aci atau tepung singkong, mi glosor jadi memiliki tekstur licin sehingga mudah ditelan.

Biasanya, mi glosor ditumis bersama dengan sayuran. Tetapi ketika disajikan, akan ada tambahan sambal kacang dan gorengan sebagai pelengkap.

 

6. Barongko

Jika kalian pergi ke Makassar, barongko bisa menjadi salah satu kuliner khas Ramadhan yang wajib dicoba. Kombinasi dari pisang, telur, santan, serta gula dan garam yang dibungkus dengan daun pisang membuat rasa manis dan aromanya nendang di lidah saat berbuka.

 

7. Kicak

Ketika bulan Ramadhan, kicak menjadi salah satu takjil yang banyak diburu di Yogyakarta. Jajanan ini dibuat dari ketan yang ditumbuk halus dan dicampur dengan santan, nangka, serta kelapa parut. Ketika sudah diolah, kicak memiliki cita rasa manis dari nangka serta gurih dari kelapa parut dan santan.

 

Jadi, takjil khas Ramadan dari daerah mana yang paling ingin dicoba? (*)

 

Foto: Laman Kemenparekraf

Artikel Terkait
Interest
Tradisi-Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Indonesia

Interest
Ramadan 2020: Wajib Ibadah di Rumah hingga Manasik Haji Online

Interest
Jangan Diskip, Olahraga Selama Ramadhan Punya Banyak Manfaat Loh!