Tech

Kreator Konten Kini Bisa Gabungkan Video YouTube untuk Shorts

Jingga Irawan

Posted on April 15th 2022

Kreator sekarang dapat menggunakan potongan video dari miliaran video YouTube berdurasi panjang untuk Shorts, perusahaan mengumumkan pada Kamis (14/4) dalam sebuah posting blog.

Di YouTube Shorts, kreator konten sebelumnya hanya dapat menyambungkan klip audio pendek dari video lain di platform. Tetapi, pembaruan ini mengizinkan pengguna untuk memotong segmen 1 hingga 5 detik dari video YouTube berdurasi panjang yang memenuhi syarat untuk digunakan dalam konten Shorts.

Saat video pendek baru dibuat dengan klip dari video yang sudah ada, video asli akan dicantumkan dengan kredit melalui tautan. Jumlah video yang tersedia untuk di-remix sangat banyak. Tetapi kreator konten video asli bisa memiliki opsi untuk tak mengizinkan konten mereka dipakai remix. Video dengan klaim hak cipta atau di-setting ke pribadi juga tak dapat dipotong untuk Shorts.

Fitur remix video akan diluncurkan ke pengguna iOS dalam beberapa minggu mendatang, sementara untuk Android menyusul akhir tahun ini.

Membawa fitur remix di YouTube Shorts adalah jawaban perusahaan untuk bersaing dengan fitur TikTok populer seperti Stitch dan tren berbasis audio viral. Tetapi mengizinkan video YouTube yang berjumlah miliaran untuk digunakan kembali adalah langkah yang cukup bagus. Langkah ini juga bisa menguntungkan kreator konten asli mendapat untung jika konten mereka membuat tren viral.

YouTube juga mengumumkan hari ini kalau Shorts sekarang dapat diakses melalui web dan tablet, dengan tab Shorts baru muncul di seluruh perangkat selama beberapa minggu ke depan.(*)

Foto: Pixabay

Related Articles
Tech
Bikin Konten di Shorts, Kreator Bisa Dapat Rp 134 Juta Sebulan dari YouTube

Tech
Gak Mau Kalah dari TikTok, YouTube Klaim 1,5 Miliar Orang Nonton Shorts Sebulan

Tech
YouTube Shorts Fund Resmi Diperluas Ke 70 Negara, Termasuk Indonesia!