Interest

Suka Makan Nanas? Ini 9 Efek yang Mungkin Terjadi Pada Tubuhmu

Dwiwa

Posted on April 14th 2022

Ada banyak sekali mitos yang muncul pada nanas. Buah berkulit tajam ini identik dengan suasana tropis dan pulau. Selain menjadi bahan utama minuman yang menyegarkan, buah ini juga kaya akan vitamin loh.

"Nanas adalah sumber vitamin C yang sangat baik dan rendah kalori," kata ahli diet terdaftar Jonathan Valdez, RDN, pemilik Genki Nutrition dan juru bicara New York State Academy of Nutrition and Dietetics seperti dilansir dari Eat This, Not That!.

Secara nutrisi, itu juga merupakan sumber serat yang sangat baik. Keri Gans, MS, RDN, CDN, ahli gizi diet terdaftar dan penulis The Small Change Diet mengatakan secara keseluruhan nanas merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik.

Nanas juga memiliki 2,3 gram serat per satu cangkir. Serat telah dikaitkan dengan adanya peningkatan rasa kenyang, manajemen berat badan, serta menstabilkan gula darah.

Tapi apa saja sih dampak nanas untuk tubuh?

1. Potensial dalam pengobatan untuk IBD (inflammatory bowel disease)
Valdez mengatakan bromelain yang ada pada nanas berperan sebagai anti-inflamasi yang kuat. Di mana satu penelitian menunjukkan penurunan mediator inflamasi untuk individu dengan IBD - radang pada sistem pencernaan- berpotensi mengurangi gejala pada pasien yang menderita IBD. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk merekomendasikan bromelain sebagai metode pengobatan untuk IBD.

2. Bisa memicu rasa gatal
Rasa gatal yang muncul mungkin akibat reaksi alergi lateks. Gans menjelaskan nanas adalah sumber lateks karet alam. Jika diketahui memiliki alergi ini, seseorang tidak boleh mengonsumsi nanas."

3. Dapat mengurangi peradangan
"Nanas dikemas dengan antioksidan vitamin C yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi yang disebabkan oleh osteoarthritis, mendukung kesehatan kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit jantung," kata Gans.

4. Bisa menyebabkan diare dan muntah.
"Meskipun jarang, beberapa individu yang sensitif terhadap bromelain atau yang mengonsumsi nanas dalam jumlah berlebihan dilaporkan mengalami diare dan muntah, tetapi alasan mengapa masih belum diketahui," kata Valdez.

5. Dapat menyebabkan nyeri pada mulut.
"Karena sifat pelunak daging bromelain, makan terlalu banyak dapat menyebabkan kelembutan pada mulut, bibir, dan lidah," kata Valdez. "Cobalah memasak nanas untuk memecah bromelain dan mengurangi efek samping ini. Juga, hindari makan nanas mentah dari batang atau inti karena jumlah bromelain tertinggi ditemukan di sana."

6. Dapat meningkatkan kesehatan tulang
Menurut Gans, nanas adalah sumber mangan yang baik. Mineral ini penting untuk kesehatan tulang.

7. Bisa mengurangi rasa sakit.
"Bromelain mengandung sifat anti-inflamasi yang telah digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat luka bakar, nyeri sendi, dan penyakit inflamasi lainnya," kata Valdez.

8. Dapat mengurangi tekanan darah tinggi.
"Enzim dalam nanas yang dikenal sebagai bromelain memperlambat pembekuan darah, serta meningkatkan produksi sel darah merah dan putih, yang mengarah pada peningkatan aliran darah," kata Valdez.

9. Bisa menyebabkan pendarahan yang berlebihan.
Bromelain juga bekerja sebagai anti-koagulan yang mengencerkan darah dan mencegah pembekuan darah, yang dapat menyebabkan pendarahan yang berlebihan.

 

Foto: Pexels/Pineapple Suppy Co.

Artikel Terkait
Lifestyle
Tak Cuma Segar, Ini Loh 6 Manfaat Baik Semangka Buat Kesehatan

Interest
7 Buah Anti-Dehidrasi ini Baik Dikonsumsi Saat Puasa!

Interest
Suka Ngemil Manis? 7 Cara Ini Bantu Kamu Atasi Ngidam Gula