Lifestyle

7 Tanda Kamu adalah Seorang People Pleaser, Sungkan Level Tinggi

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 14th 2022

Sulit banget buat berkata “tidak” pada permintaan orang lain? Mungkin kamu adalah people pleaser, orang yang selalu ingin menyenangkan orang lain. Simak ciri-cirinya berikut ini seperti yang dilansir Psychology Today.

Merasa sangat gak nyaman saat menolak

Kalau kamu berat banget buat menolak permintaan seseorang meski itu hal yang gak pernah atau nggak kamu sukai untuk lakukan, itu adalah ciri dasar seorang people pleaser. Gabung beberapa kepanitiaan sekaligus karena diajak, terus meminjamkan uang, ikut makan di resto yang gak kamu sukai, dan seterusnya.

Di sisi lain, mungkin ada sebagian dari diri kita yang merasa tidak cukup dihargai, jadi kita berusaha mendapatkan penghargaan melalui apa yang kita lakukan.

Merasa perasaan orang lain tergantung pada tindakan kita

Seorang people pleaser akan selalu khawatir perihal perasaan orang lain. Kita akan selalu nggak tenang karena merasa akan ada sesuatu yang kurang pas dan kita yang harus menyelesaikannya.

Selalu lelah tanpa alasan

Kalau kamu merasa selalu lelah padahal sebenarnya kegiatanmu nggak banyak, mungkin kamu banyak menghabiskan waktu buat menyenangkan orang lain, tanpa disadari. Ini yang bikin kita merasa lelah di penghujung hari .

Orang lain rawan memanfaatkan kita

Tentu gak ada yang mau dimanfaatkan, tapi bisa jadi seorang people pleaser mengalami hal ini, tapi nggak sadar.

Selalu merasa terganggu

Karena terlalu sering menyenangkan orang lain, secara gak sadar kita sedikit melakukan hal-hal yang menyenangkan kita. Akhirnya kita merasa terganggu, tapi mungkin nggak sadar sama penyebabnya.

Sulit mengambil keputusan buat diri sendiri

People pleaser akan sulit mengambil keputusan untuk diri mereka sendiri karena selalu mempertimbangkan orang lain. Dan ini benar-benar melelahkan.

Krisis identitas

Karena banyak memberikan diri pada orang lain, kita jadi nggak aware sama diri kita sendiri. Siapa diri kita, apa keinginan kita, apa yang kita mau kejar, dan seterusnya.

Nah, itu dia beberapa ciri kalau kamu adalah seorang people pleaser. Baca di sini buat tahu cara stop menjadi people pleaser. (*)

 

Gambar: redgreystock/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Alasan Cemas Bikin Diri Kita Lelah, Cek Ciri-Cirinya dari Kebiasaanmu

Lifestyle
5 Tips Menghargai Emosi Tanpa Merasa Kewalahan, Biar Hidup Makin Tenang

Lifestyle
Self-Gaslighting, Dampak Gaslighting yang Pengaruhi Pandangan tentang Diri