Interest

Biar Nggak Gampang Kemakan Isu, Kenali Ciri-Ciri Hoaks dan Cara Menghindarinya

Dwiwa

Posted on April 13th 2022

Di era digital seperti sekarang ini, informasi semakin mudah diakses. Sayangnya, tidak semua informasi yang beredar terbukti kebenarannya. Beberapa di antaranya merupakan informasi yang menyesatkan atau hoaks yang bisa merugikan.

Menurut Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika @kemenkominfo, ada banyak dampak bahaya dari informasi hoaks. Mulai dari mempengaruhi opini publik serta keputusan individu, menimbulkan perpecahan, hingga menurunkan reputasi seseorang.

Selain itu, informasi hoaks juga membuat orang sulit membedakan mana fakta dan palsu. Informasi yang tidak benar ini juga bisa mendiskriminasi dan menghasut serta merugikan masyarakat. Lalu seperti apa ciri-cirinya?

 

1. Berita menimbulkan kecemasan, kebencian, atau permusuhan antar satu sama lain.

2. Tidak ada sumber berita jelas yang dapat dipertanggungjawabkan

3. Informasi bersifat menyerang, berat sebelah, dan tidak netral.

4. Memiliki judul provokatif atau clickbait yang tidak sesuai dengan isi berita

5. Memaksa untuk membagikan berita tersebut agar viral.

6. Berita yang disampaikan setengah atau tidak menyeluruh, dan memelintir informasi yang diberikan oleh sumber terpercaya.

7. Menggunakan data dan foto palsu agar berita yang ditulis dapat dipercaya.

8. Memanipulasi fakta yang sebenarnya.

9. Ditulis oleh media yang tidak kredibel.

 

Jika kalian menemukan informasi dengan ciri-ciri tersebut, cobalah untuk berpikir kritis. Usahakan untuk memahaminya dengan menggunakan logika, analisis dan berbagai sudut pandang. Itu artinya, perhatikan kejelasan, akurasi, relevansi, dan kelogisan dari informasi yang didapat.

“Jika kamu berpikir kritis maka kamu dapat mengajukan pertanyaan masalah penting, mengumpulkan dan menilai informasi terbuka dengan segala kemungkinan. Dengan berpikir kritis kamu dapat menganalisis dan mengevaluasi apakah suatu informasi atau pemberitaan dapat dipercaya atau tidak,” tulis @kemenkominfo dalam unggahannnya di Instagram.

Selain mengenali ciri-ciri informasi hoaks, ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan agar terhindar dari hoaks. Pertama, selalu periksa sumber, penulis dan tanggal informasi dibagikan. Kemudian baca informasi hingga tuntas dan cek sumber asalnya. Hindari juga berprasangka.

Nah, setelah tahu informasi ini, yuk lebih cerdas ketika menerima sebuah berita. Jika menemukan konten negatif termasuk hoaks, segera lapor ke aduankonten.id.

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Iseng Banget! Ada Akun Kemenkominfo Terverifikasi di Situs Porno Pornhub

Interest
Bagaimana Mengenali Informasi Hoaks di Era Digital?

Current Issues
Awas! Hoaks Starbucks Larang Karyawannya Ucapkan Selamat Natal