Tech

TikTok Jadikan Platform Efek AR Terbuka untuk Semua Kreator

Jingga Irawan

Posted on April 13th 2022

TikTok meluncurkan alat efek augmented reality (AR) untuk semua kreator dan pengembang setelah meluncurkan uji coba versi beta tertutup tahun lalu. Dengan begitu, content creator nantinya bisa membuat efek kamera AR sendiri dalam platform Effect House yang dapat digunakan oleh pengguna TikTok lain dalam video.

Dalam sebuah pengumuman, perusahaan mengatakan platform tersebut akan terbuka untuk semua kreator, desainer, dan pengembang dari seluruh dunia. Ini juga akan mencakup alat dan sumber belajar.

“Baik kalian berteleportasi ke dunia baru dengan Green Screen atau membingkai dengan Time Warp Scan, efek kreatif memberdayakan kreator konten untuk mengekspresikan diri, menghibur, dan berbagi cerita melalui beragam format yang menarik dan imersif,” tulis perusahaan tersebut.

TikTok mengatakan efek yang dikirimkan harus tunduk pada pedoman tertentu agar disetujui untuk digunakan. Perusahaan secara khusus mengatakan akan melarang efek yang mempromosikan warna atau stereotip negatif terhadap kelompok yang dilindungi dan efek yang menggambarkan operasi kosmetik, seperti pengisi bibir, atau pandangan khusus terhadap penampilan seseorang.

Efek seperti Green Screen menjadi andalan dalam konten TikTok populer, dan kreator konten sering membuat video menggunakan efek sebagai bagian dari tren. TikTok mengatakan lebih dari 1,5 miliar video menggunakan efek telah ditonton lebih dari 600 miliar secara global.

TikTok mengikuti langkah platform lain yang sudah lebih dulu terjun. Snapchat dan Instagram memperkenalkan fitur pembuat AR serupa selama beberapa tahun terakhir.

Beberapa efek sukses diperkenalkan selebriti dan influencer. Filter Instagram Beauty3000, yang dibuat oleh desainer Johanna Jaskowska misalnya, memicu tren efek wajah futuristik yang mengkilap di platform.(*)

Artikel Terkait
Tech
TikTok Bikin Platform Pengembangan AR Sendiri, TikTok Effect House

Tech
Konten Dianggap Tidak Bermoral dan Tidak Senonoh, TikTok Diblokir di Pakistan

Tech
Perusahaan Induk TikTok Akan Meluncurkan Aplikasi Rival Instagram