Entertainment

Ed Sheeran Rekam Semua Proses Pembuatan Lagu setelah Hadapi Gugatan Hak Cipta

Biar ada bukti kalau gak plagiat.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 12th 2022

Ed Sheeran baru-baru ini dinyatakan tak bersalah dalam kasus gugatan pelanggaran hak cipta terkait lagu Shape of You. Belajar dari pengalaman terdahulu, Ed kini merekam semua proses pembuatan lagu untuk jadi bukti di mata hukum jika harus menjalani persidangan.

Ed membeberkan fakta ini pada BBC. Ed lolos dari gugatan pelanggaran hak cipta yang diajukan oleh seorang musisi bernama Sami Chokri atau nama panggungnya adalah Sami Switch. Sami menuduh Ed meniru lagunya yang berjudul Oh Why. Nah, gugatan hak cipta ini bukan gugatan pertama yang dihadapi Ed.

Pada 2017, penyanyi asal Britania Raya itu menghadapi gugatan hukum mengenai lagu Photograph. Sejak kasus tersebut. Ed merekam semua sesi menulis lagu yang ia lakukan. “Kami menghadapi banyak gugatan dan kami akan begini, ‘Ini ada video, tontonlah dan kamu bisa melihat bahwa tidak ada apa-apa di sana,” ujar pelantun Shivers itu.

Ed mengungkapkan bahwa ia agak menyesal menyelesaikan kasus hak cipta Photograph yang bernilai jutaan dolar itu karena ternyata jadi pintu buat pihak-pihak lain mencari celah. “Aku berpikir bahwa perasaan terbaik sedunia adalah euforia berhasil menulis lagu bagus. Kini perasaan tersebut berubah jadi, ‘Oh tunggu, kita coba perhatikan lagi,’” lanjutnya.

Karena gugatan hukum terkait lagu Shape of You telah selesai, Ed dan tim bisa lebih tenang dan fokus membuat karya baru. Maret lalu, penyanyi satu ini memberi kode-kode akan berkolaborasi bareng J Balvin. Di bulan yang sama, ia juga sempat membeberkan alasan mengejutkan ia memakai simbol matematika buat albumnya. Nah, mari kita nantikan update-update selanjutnya dari Ed Sheeran!  (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Ed Sheeran Bantah Dirinya Lakukan Plagiat di lagu ‘Shape of You’

Entertainment
Lagu 'Shake It Off' Disebut Plagiat, Taylor Swift Hadapi Persidangan

Entertainment
Ed Sheeran Menangkan Gugatan Hukum Lagu ‘Shape of You’, Tak Terbukti Plagiat