Lifestyle

5 Ciri Insecure dalam Hubungan Romantis, Cek Tanda-Tandanya pada Kalian

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 11th 2022

Tiap orang punya jenis kelekatan (attachment style) yang berbeda. Ada yang secured, ada juga yang merasa insecure dalam menjalani hubungan. Nah, coba perhatikan tanda-tanda ini untuk mengetahui apakah kamu merasa insecure atau enggak, seperti yang dilansir Psychology Today.

Terlalu needy

Apa kamu pernah menyadari bahwa kamu selalu meminta bantuan si doi dalam segala hal? Kalau kamu selalu berusaha meminta bantuan orang lain tanpa berusaha terlebih dahulu, bisa dibilang itu needy. Terlebih lagi kalau kamu setiap saat berusaha mencari peluang untuk meminta bantuan orang lain. Bisa jadi tindakanmu ini adalah cara agar kamu merasa tenang, merasa yakin bahwa pasanganmu ada untukmu.

Sangat takut akan jarak

Jauh dari doi bikin kamu sangat tidak nyaman. Nggak menutup kemungkinan kamu mulai sering nge­-chat, menelepon, atau selalu berusaha memantau doi. Pokoknya kamu berusaha sebisa mungkin selalu bersama pasangan.

Sering mengekspresikan cinta melalui tindakan fisik

Nggak ada salahnya kok punya love language physical touch. Namun, coba pikirkan lagi deh alasan dari kamu memeluk, merangkul, menggandeng, atau apa pun itu. Apakah tindakanmu tadi memang bentuk mengekspresikan cinta atau justru untuk menghindari perpisahan, perasaan tertolak, dan perasaan gak dipedulikan?

Menguji pasangan

Kamu memberi ujian-ujian pada pasangan. Entah itu sengaja bikin mereka cemburu, nge-prank menghilangkan sesuatu yang berharga bagi doi, dan lain-lain. Kamu ingin melihat apakah mereka benar-benar tertarik padamu atau enggak. Padahal, hubungan yang sehat seharusnya berlandaskan keamanan, kepercayaan, dan kedekatan emosional.

Ekspresi kemarahan yang meluap atau tersembunyi

Ada kalanya kamu sangat marah sampai gak bisa mengontrol ucapan bahkan perilaku. Ada kalanya kamu menghindari segala kontak dan diam. Namun, satu hal yang kamu inginkan: dipahami dan dipedulikan. Kamu tetap berharap pasanganmu memberimu ketenangan atau pengertian.

Nah, itu dia beberapa tanda kamu merasa insecure dalam hubungan. Cek juga apakah hubunganmu sehat atau enggak di sini. (*)

Gambar: Storyset/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Tips Menghadapi Pacar Minta Putus Padahal Kamu Nggak Mau

Lifestyle
Tujuh Kesalahan Fatal yang Bisa Bikin Hubungan Rusak dan Sulit Diperbaiki

Lifestyle
4 Tanda Hubungan yang Gak Akan Langgeng, Sering Gak Disadari dan Dianggap Wajar