Lifestyle

4 Alasan Pertemanan Usai dan Cara Mencegah Hubungan yang Gak Baik

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 11th 2022

Setiap dari kita pasti punya circle pertemanan, entah itu kecil atau luas. Namun, terkadang hubungan pertemanan ini berakhir meski kita nggak menginginkannya. Berikut alasan paling umum pertemanan usai, seperti yang dilansir Psychology Today.

Egois

Egois di sini melingkupi kurang timbal balik dan kurangnya kepercayaan pada teman. Ini berujung pada pertemanan yang gak suportif, nggak penuh kasih, bahkan manipulatif.

Buat mencegah hal ini, setiap dari kita perlu buat menurunkan ego diri dan meningkatkan kepercayaan satu sama lain. Memang gak mudah. Namun, kita tentunya mau dihargai dan dipercaya, jadi kita perlu mulai melakukan hal tersebut ke orang lain. Kalau ada teman yang mulai egois, bicarakan secara personal agar pertemanan gak langsung berakhir kurang baik.

Kurang interaksi

Ini nih penyakitnya pertemanan apalagi yang jarak jauh. Kalau setiap hari berinteraksi, kita secara gak langsung membangun kedekatan. Setiap obrolan membuat kita lebih memahami seseorang, jadi kita bisa lebih dekat deh.

Buat menjaga interaksi tetap lancar, coba deh chat terlebih dahulu. Sekadar kirim meme atau video TikTok receh. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan ringan seperti bagaimana hari mereka, tugas yang sedang mereka hadapi, atau bisa langsung ajak hangout.

Ada campuran hubungan romantis

Nggak jarang pertemanan terputus karena ada hal terkait romansa yang terlibat. Entah itu di circle kita ada yang berpacaran atau teman di circle menunjukkan ketertarikan pada pasangan kita. Kasusnya bisa beragam sih.

Memang sih perasaan sulit buat dikendalikan. Namun, kalau bertemu kasus seperti itu, pastikan kita nggak judgemental ya. Usahakan buat berkomunikasi dengan couple tersebut dan pahami jika mereka lebih mengutamakan waktu berdua daripada bareng circle lagi.

Keterlibatan teman atau keluarga

Kita punya kecenderungan buat mengakhiri hubungan pertemanan jika teman dan keluarga kita gak menyetujuinya. Ada tekanan tersendiri tentunya berteman dengan seseorang yang dipandang buruk oleh orang terdekat kita.

Nah, kalau mengalami situasi ini, yang perlu kita lakukan adalah memahami alasan teman atau keluarga tidak menyukai orang yang berhubungan dengan kita. Kalau memang poin yang mereka katakan benar, coba evaluasi lagi apakah hubungan pertemananmu akan membawa dampak baik ke depannya.(*)

Gambar: jcomp/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
4 Langkah Memperkuat Pertemanan, Biar Gak Sekadar Nyapa atau Tanya Kabar Doang

Lifestyle
5 Tips Menghindari Drama Gak Penting dengan Orang Lain

Lifestyle
4 Tanda Kalau Circle Pertemananmu Gak Suportif dan Harus Dihindari