Sport

Enea Bastianini Taklukkan Sirkuit Favorit Marc Marquez

Tora Nodisa

Posted on April 11th 2022

Foto: MotoGP.com

Enea Bastianini menyalip Jack Miller di lima lap terakhir, yang membuat dirinya bisa memenangkan GP Americas, pada hari Minggu malam, waktu setempat. Ini menjadi kemenangan kedua bagi pembalap Gresini Racing di musim 2022. Podium di Amerika Serikat membawa "La Bestia" menduduki puncak klasemen sementara MotoGP 2022, sekaligus menumbangkan dominasi Marc Marquez di sirkuit Austin, Texas. 

"Ada sheriff baru di kota ini," kata Miller, memandang Bastianini saat pria Italia itu mengenakan topi koboi hitam sang pemenang.

Pujian dari Miller membuat Bastianini tersenyum gembira. "Ini luar biasa bagi saya, dan di Texas, salah satu favorit saya," kata Bastianini. "Ketika saya melihat Jack di tempat pertama balapan, saya mencoba untuk menang tetapi tidak tahu apakah saya bisa."

Pembalap Gresini Racing berusia 24 tahun itu menjadi juara Moto2 pada 2020 dan bergabung dengan seri teratas pada 2021 dengan dua podium menyelesaikan musim rookie-nya. Bastianini menyebut kemenangan di Qatar adalah sebuat terobosan bagi timnya. ":ebih baik bagi saya, karena kami tahu kami konsisten, dan setiap balapan kami berada di depan," ungkapnya.

Bastianini memulai balapan dari urutan kelima. Menariknya di GP Americas kali ini start posisi pertama hingga kelima semuanya memakai motor Ducati. Mereka saling bertarung lebih dari setengah balapan di Circuit of the Americas, trek yang sebenarnya dibangun untuk Formula 1.

Bastianini akhirnya meraih keunggulan, saat Miller melakukan pengereman panjang di trek lurus. Itu terjadi di sisa lima lap balapan. Miller sendiri jatuh ke posisi ketiga, setelah dilewati oleh pembalap Spanyol Alex Rins di lap terakhir. Rins membawa pabrikan Suzuki finis podium ke-500 di sepanjang sejarah MotoGP.

"Dia menyerang saya dari belakang," kata Miller tentang Bastianini. 

Bastianini memenangkan pertandingan pembuka musim di Qatar dan memimpin kejuaraan musim dengan kemenangan hari Minggu. Dia juga berhasil menaklukkan sirkut favorit Marc Marquez. Sebab faktanya pembalap Spanyol itu telah memenangkan balapan Texas tujuh kali sejak 2013. Namun kali ini dia harus memulai balapan dari urutan ke-9, setelah kembali tampil di MotoGP. 

Meski buruk di awal, tapi Marquez bisa memperbaikinya di akhir. Dia finis di urutan ke-6. Ini menjadi finis paling buruk Marquez di Amerika Serikat dalam sembilan tahun terakhir. Namun pernah Marquez tidak finis di tahun 2019. Dia mengalami kecelakaan di tengah balapan, yang membuat Alex Rins merebut podium. Jadi sejak GP Americas dimulai tahun 2013, hanya tiga pembalap yang menjadi juara yaitu Marc Marquez, Alex Rins, dan terakhir Enea Bastianini. (*)

Artikel Terkait
Sport
Menangkan Duel Lap Terakhir, Enea Bastianini Juara MotoGP Aragon 2022

Sport
Marc Marquez Tak Cari Menang di GP Americas

Sport
Alex Marquez Bongkar Aib Honda di MotoGP