Lifestyle

5 Hal yang Harus Dihindari agar Gak Bikin Kecemasan Memburuk

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 10th 2022

Kecemasan jadi emosi yang sering banget kita rasakan di masa-masa ini. Tiap orang punya cara tersendiri buat menghadapi kecemasan. Nah, jangan sampai apa yang kita lakukan secara gak sadar bikin kecemasan memburuk. Simak poin-poinnya seperti yang dilansir Psychology Today.

Menoleransi kecemasan

Hal utama yang perlu kita pegang ketika menghadapi emosi negatif termasuk kecemasan adalah menerima. Nah, toleransi berbeda dengan menerima. Toleransi berarti kita masih menganggap kecemasan sebagai sesuatu yang salah, tapi boleh hadir di saat tertentu. Kalau menerima, kita akan menganggap kecemasan sebagai hal yang wajar dan nggak salah kok untuk dirasakan.

Melawan kecemasan

Melawan di sini maksudnya adalah menganggap kecemasan sebagai sesuatu yang salah dan berusaha mengusirnya secepat mungkin. Sayangnya, kecemasan justru gak bisa pergi dengan cara tersebut. Kita perlu menyediakan waktu buat kecemasan ada di diri kita sepanjang waktu yang diperlukan.

Hanya berusaha, tidak melakukan

“Aku akan berusaha berbicara di kelas jika situasinya mendukung.” Kalimat tersebut memang menunjukkan kita ada usaha buat melawan kecemasan berbicara di kelas. Namun, kalimat tersebut di sisi lain membuat kita cemas terhadap kelas. Terkadang ada baiknya kita menghilangkan kata “berusaha”.

Memakai positive thinking di saat kurang pas

Positive thinking memang hal yang seakan harus selalu kita lakukan di masa sulit. Namun, positive thinking gak bisa diaplikasikan di semua momen lho. Justru ketika kita merasa cemas, kita perlu menerima rasa cemas itu, bukan menganggapnya tidak ada dengan terus mengumpulkan positive thinking.

Berusaha terlalu mengontrol

Menerima kecemasan bukan berarti kita langsung mampu mengontrol kecemasan. Menerima artinya kita menyediakan ruang untuk emosi negatif apa pun buat datang ke kita. Menerima artinya kita berhenti berusaha perang dengan emosi negatif dan menyadari bahwa apa pun yang terjadi, emosi negatif itu wajar muncul.

Nah, itu dia lima hal yang harus dihindari agar tidak memperburuk kecemasan. Namun, kalau kamu merasa kecemasan yang sangat intens hingga mengganggu keseharianmu, gak ada salahnya kok buat berkonsultasi ke ahli. You matter! (*)

Gambar: pikisuperstar/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
3 Kalimat yang Bisa Kita Andalkan buat Menenangkan Diri Saat Cemas

Lifestyle
4 Hal yang Perlu Dihindari dalam Mengelola Perasaan Cemas agar Gak Memburuk

Entertainment
7 Cara Mudah Mengurangi Kecemasan dengan Imajinasi Kreatif