Sport

Alasan LeBron dan Curry Tak Bisa Menyamai Michael Jordan

Tora Nodisa

Posted on April 10th 2022

Foto: Sportingnews

Perdebatan "Greatest Of All Time" atau GOAT di NBA memang melelahkan. Diskusi alot tersebut melibatkan Michael Jordan, LeBron James, dan sedikit juga menyinggung Stephen Curry. Namun ada salah satu alasan, kenapa James dan Curry tidak akan bisa menyamai Michael Jordan. Bukan dari rekor dan prestasinya, melainkan dari sifatnya. 

Debat GOAT ini seakan tidak ada habisya. Karena melibatkan pemain yang berbeda era, berbeda waktu, dan berbeda gaya permainan. Tidak mungkin untuk menilai bagaimana satu pemain akan berhasil atau gagal di era yang berbeda dan ketika era permainan basket yang berbeda waktu. Namun, ada hal yang bisa dijadikan perdebatan, yaitu menyangkut hal-hal di luar lapangan. 

Michael Jordan sebagai legenda NBA dan Chicago Bulls, membuktikan bahwa dirinya adalah seorang pembunuh berdarah dingin di arena NBA. Jordan bisa mencetak poin dari segara arah. Dia menjadi sosok yang disegani kawan dan lawan. 

Ada salah satu sifat Jordan yang sampai sekarang sulit dimengerti. Dia dikenal sebagai sosok yang tidak bisa berteman dengan pemain lawan. Baik sewaktu bermain di liga, atau di masa pensiun seperti sekarang ini. Bahkan, meski dirinya menjadi salah satu eksekutif di NBA, sebagai pemilik Charlotte Hornets, Jordan masih mempertahankan sifat aslinya. Dia tidak mau terlalu akrab dengan komunitas NBA. 

Berbeda dengan LeBron James. Bintang Lakers tersebut dikenal sebagai sosok yang supel di luar lapangan. Bahkan dia dikenal sangat akrab dengan pemain lawan. LeBron juga tidak segan meminta pemain tim lawan untuk bergabung dengan timnya. Seperti yang terjadi di musim 2021-22, di mana banyak pemain-pemain yang dulunya tidak ingin membela Lakers, malah direkrut oleh LeBron. 

LeBron juga mengeluarkan pernyataan mengejutkan baru-baru ini dalam acara "The Shop". Dia secara terang-terangan meminta Stephen Curry bermain dengannya. Padahal sebagai penggemar NBA, pasti paham bagaimana persaingan LeBron dan Curry di musim 2014 hingga 2018. Uniknya, Curry malah menyambut ucapan LeBron dengan mengatakan bahwa dirinya siap bermain bersama LeBron. Curry terlihat berminat untuk bermain satu tim dengan LeBron.

Faktanya, Michael Jordan bukan tipe pemain seperti itu. Bagaimana pun juga, Jordan tidak pernah melakukan itu semua. Dia tidak akan berusaha merekrut pemain ke Bulls. Apalagi pemain tersebut bintang di tim lawannya. Sepanjang karirnya di NBA, Jordan selalu fokus pada roster Bulls sendiri. Kalau pun ada cerita tentang perekrutan pemain, Jordan pernah meminta Dominique Wilkins atau Kevin McHale, yang notabene bukan pemain bintang. 

Itulah perbedaan antara Michael Jordan dengan LeBron James dan Stephen Curry. Jordan ingin menonjolkan dirinya sendiri, dan ingin memikul beban tim di pundaknya. Sementara LeBron atau Curry lebih senang dengan tim yang bagus. Mereka memilih pemain-pemain yang dirasa bisa meningkatkan performa timnya. Tidak peduli dia adalah bintang di tim lawannya. Inilah alasan kenapa tidak akan ada pemain di era sekarang yang bisa menyamai Michael Jordan. (*)

Artikel Terkait
Sport
10 Pemain NBA dengan Bayaran Tertinggi di Musim 2022-23

Sport
Perbandingan Dinasti Stephen Curry dan Michael Jordan

Sport
9 Signature Shoes Bintang NBA ini Cocok Kalian Koleksi