Entertainment

The Weeknd, Doja Cat, Olivia Rodrigo Dominasi Billboard Music Awards 2022

Ada lima kategori baru di ajang tahun ini

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 10th 2022

Finalis untuk ajang penghargaan Billboard Music Awards 2022 telah dirilis. The Weeknd dan Doja Cat berhasil mendominasi ajang penghargaan tersebut dengan belasan nominasi. Wah, nominasi apa aja ya?

Total kategori di ajang penghargaan ini adalah 62 kategori. The Weeknd berhasil menjadi finalis untuk 17 kategori termasuk kategori mayor yaitu Top Artist, Top Male Artist dan Top Hot 100 Artist. Kolaborasinya dengan Ariana Grande yaitu Save Your Tears (Remix) berhasil masuk ke enam kategori.

Doja Cat menjadi artis dengan perolehan nominasi terbanyak kedua di ajang penghargaan ini. Ia masuk ke kategori mayor yaitu Top Artist, Top Female Artist, dan Top Hot 100 Artist. Album Planet Her miliknya masuk ke kategori top Billboard 200 Album dan Top R&B Album. Kolaborasinya dengan SZA, Kiss Me More, masuk ke kategori Top Hot 100 Song, Top Collaboration, dan kategori baru Top Viral Song.

Di bawah Doja Cat ada Justin Bieber, Kanye West, dan Olivia Rodrigo yang masuk ke 13 kategori. Meski Olivia terhitung sebagai artis baru, ia berhasil masuk ke kategori Top Artist lho. Ia bakal bersaing dengan sang ibu yaitu Taylor Swift (delapan kali menerima nominasi ini), Drake (enam kali), The Weeknd, Justin Bieber, Rihanna (empat kali), dan Doja Cat.

Selain masuk ke Top Artist, Olivia juga masuk ke kategori Top New Artist bersama dengan Giveon, Masked Wolf, Pooh Shiesty dan The Kid LAROI. Ini jadi tahun ketiga ada artis yang masuk ke kategori Top Artist dan Top New Artist sekaligus. Billie Eilish dan Pop Smoke pernah merasakannya sebelumnya.

Ada lima kategori baru di BBMA tahun ini yaitu Top Billboard Global 200 Artist, Top Billboard Global (Excl. U.S.) Artist, Top Billboard Global 200 Song, Top Billboard Global (Excl. U.S.) Song, dan Top Viral Song.

Untuk kategori dengan keterangan Excl. U.S. sebenarnya sempat menuai kontroversi karena seakan menunjukkan bahwa Billboard ingin artis di luar AS tidak memenangkan kategori mayor. Apalagi yang masuk ke kategori Excl. U.S. itu ada BTS, boyband yang langganan masuk ke kategori mayor. Kesannya seperti membuat artis AS yang meraih kemenangan di kategori mayor.

Billboard Music Awards 2022 bakal diselenggarakan pada 15 Mei mendatang di MGM Grand Garden Arena in Las Vegas. Nah, mari kita nantikan bagaimana hasil dari ajang penghargaan satu ini! (*)

Gambar: via Last.fm

Artikel Terkait
Entertainment
Olivia Rodrigo hingga Justin Bieber Raih iHeartRadio Titanium Award 2022

Entertainment
Olivia Rodrigo dan The Weeknd Dominasi American Music Awards 2021!

Entertainment
Taylor Swift, Dua Lipa, hingga Olivia Rodrigo Dominasi Spotify Wrapped 2021